Cara Mudah Anak Belajar Tentang Waktu

Cara Mudah Anak Belajar Tentang Waktu

KB TKIT HARAPAN BUNDA – Ada begitu banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan erat dengan waktu, dan Anda dapat mengajarkan hal itu kepada anak – sesuai usianya – dengan mudah, kok.

5 - 6 TAHUN. 

Anak belajar bertanya ‘berapa lama’ dan menggunakan berbagai kata (sebelum, setelah, hari ini, kemarin, besok, pagi, siang, dll). Ia juga berusaha mengurutkan hari-hari dalam seminggu dan mengerti mengapa rutinitas di akhir pekan sangat berbeda dengan hari-hari biasa. Agar anak mudah menghapal waktu, bantu dengan cara meletakkan kalender di atas komputer atau dapur. Pilih kalender yang memiliki kotak cukup besar bagi anak untuk menulis aktivitas keluarga, seperti les balet pada hari Rabu, olahraga di sekolah pada hari Senin, ulang tahun sepupunya pada Minggu pagi, dll.

7 - 8 TAHUN. 

Anak sedang belajar waktu, seperti setengah jam, satu jam, dll. Mereka membandingkan durasi dari suatu peristiwa, jumlah hari dalam sebulan, dan urutan bulan dalam setahun. Misalnya, “Sekolah dimulai pada pukul 7 dan istirahat pada pukul 9.30.” Bantu ia belajar dengan cara membelikan jam tangan. Atau, minta anak membantu mengatur timer pada oven atau microwave saat Anda memasak.

[Sumber]


Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar