Kegiatan Pembelajaran KBIT Harapan Bunda dengan Tema Panca Indra

Kegiatan Pembelajaran KBIT Harapan Bunda dengan Tema Panca Indra

KB TKIT HARAPAN BUNDA – Pada tanggal 01 Agustus 2019 - 17 Agustus 2019 KB IT Harapan Bunda Semarang mengadakan pembelajaran dengan tema Panca Indra dengan subtema Panca Indraku Ciptaan Allah.

Allah menciptakan manusia dengan bentuk yang paling sempurna dibandingkan mahluk lain. Memang ada kelebihan mahluk lain yang tak dimiliki manusia, namun ternyata panca indera manusia itu sangat menakjubkan jika dipelajari lebih dalam.

Islam memandang, panca indera manusia terdiri dari indera dalam dan indera luar. Panca indera artinya adalah alat-alat tubuh yang mempunyai fungsi untuk mengetahui keadaan luar. Didalam agama Hindu ada jenis sebelas rasa dan disebut sebagai eka dasa indriya.

Sejak lahir, manusia pada umumnya dipersenjatai oleh yang namanya panca indera, adapun penjelasan mengenai panca indra, filsafat dari panca indera yaitu inderalah yang merupakan satu-satunya instrumen yang dapat menghubungkan kita dengan alam.

Tanpa indera, kemungkinan kita memandang alam ini tidak ada atau masih samar. Akal sebagai sumber pengetahuan, tanpa melalui panca indera tidak dapat diresapi. Hal ini sesuai apa yang dikatan John Locke, bahwa pada akal tidak ada sesuatu sebelum itu ada pada alat indera.

Panca Indera Dalam Islam dan Al-Quran
Diberikan Allah sejak Penyempurnaan Kejadian

Firman Allah

اَلَّذِيْ اَحْسَنَ كُلَّ شَيْئٍ خَلَقهُ وَبَدَأَ خَلْقَ اْلاسنِ مِنْ طِيْنٍ . ثُمَّ جَعَلَ  نَسْلَهُ مِنْ سَللةٍ
مِنْ مآءٍ مَهِيْنٍ  . ثُمَّ سَوّاَهُ وَنَفَخَ فِيْهِ  مِنْ رُوْحِهِ وَجَعَلَ لَكُمُ الّسَمْعَ وَاْلاَبْصرَ وَاْلاَفْئِدَةَ
قَلِيْلاً ماَ تَشْكُرُوْنَ        السجدة 7-9

"(Dialah Allah) yang menjadikan segala ciptaan-Nya indah, dan Dia memulai penciptaan manusia dari tanah, kemudian menjadikan keturunannya dari air yang hina (air maniy), kemudian Dia sempurnakan kejadian (fisiknya) dan Dia  tiupkan Ruh-Nya, dan Dia jadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati (akal fikiran ), namun sedikit sekali kamu yang bersyukur." (QS. 32 (Al-Sajadah): 7-9).

Dari informasi ayat di atas dapat difahami bahwa:

  • Allah menciptakan segala makhluk-Nya dengan sebaik-baiknya
  • Penciptaan manusia pertama (Adam) dengan bahan baku pertama langsung dari tanah
  • Manusia keturunan (Bani Adam) diciptakan dengan bahan baku pertama adalah air yang hina  yaitu sperma yang bercampur dengan ovum (sel telur) dalam  bahasa Al Qur'an disebut “Nuthfatin Amsyaaj” QS. 76: 2.
  • Allah menyempurnakan kejadian manusia (melengkapi seluruh organ tubuhnya), dan meniupkan Ruh-Nya kepada jasad manusia itu.
  • Allah memberi manusia indera: pendengaran, penglihatan, dan akal fikiran.










Sentra ibadah saat sholat


Antri saat periksa


Dokter memeriksa pasien

Mengambil bola sesuai warna sentra olah tubuh


Melukis di atas kertas sentra seni



[]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar