Empat Kiat Mendidik Anak di Era Digital

Empat Kiat Mendidik Anak di Era Digital

KB TKIT HARAPAN BUNDA – Meskipun teknologi digital dapat digunakan untuk membantu anak-anak belajar dan berkembang, penting bagi orang tua untuk memantau jenis informasi apa yang dapat diakses, dan seberapa sering anak-anak menggunakan gawai mereka.

“Sebagai orang tua, kita perlu bersikap sensitif dan responsif, khususnya terkait aktivitas dan interaksi di dunia digital serta memahami tantangan dan hambatan kita sebagai orang tua. Kita perlu membekali anak keterampilan dalam dunia digital dengan memberdayakan, bukan mengontrol, serta mencontohkan, bukan menasihatkan sehingga dapat bertanggung jawab ketika berinteraksi di dunia digital,” ungkap Najeela Shihab, inisiator All Murid Semua Guru dan Keluarga Kita

Berikut adalah beberapa kiat untuk dapat mengasuh anak di dunia digital dengan baik:

Berdayakan Anak

Bukan sekadar melarang atau mengsensor materi digital, tapi juga membekali anak dengan keterampilan untuk dapat memilah dan memilih konten serta aktivitas di dunia digital yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Memahami Tantangan dan Hambatan sebagai Orangtua

Tantangan terbesar orangtua adalah tidak menjadikan pendampingan anak di dunia digital sebagai prioritas atau menganggap anak akan paham dengan sendirinya. Hindari berlindung dari keadaan bahwa diri kita gaptek sehingga tidak perlu belajar lebih jauh mengenai dunia digital.

Komunikasi Efektif

Pastikan cara berkomunikasi orangtua pada anak mencapai tujuannya yaitu memenuhi kebutuhan anak dan sesuai dengan dengan tujuan pengasuhan. Pastikan sikap dan ucapan kita memberikan dampak positif, bukan sebaliknya.

Membuat kesepakatan bersama

Buat kesepakatan akan penggunaan teknologi yang disepakati bersama anak dan konsisten dalam menjalankannya. Penting bagi orang tua untuk turut melibatkan anak dalam membuat kesepakatan, dengan demikian anak merasa pendapatnya dihargai dan dianggap penting sehingga dapat menerapkannya dengan tepat.




[sumber]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar