Cara mengatasi anak susah makan

Cara mengatasi anak susah makan

KB TKIT HARAPAN BUNDAMasalah nafsu makan merupakan hal yang penting untuk anak. Ketika anak kita makan dengan lahap, pasti orang tua akan merasa senang, tetapi biasanya anak lebih tertarik terhadap mainan dibandingkan makanan. Pertumbuhan bisa terhambat jika si anak kurang lahap dalam mengonsumsi makan, karena kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi.

Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) sudah bisa dikenalkan kepada anak pada usia 6 bulan, mulai saat itu, orang tua harus memperhatikan makanan pendamping yang di konsumsi anak, mulai dari pola makan dan tekstur makanannya. Hendaknya tekstur makanan yang di konsumsi anak diberikan dengan bertahap, mulai dari sari buah, bubur lembut, bubur tim, bertahap hingga tekstur makanan lebih padat.

Kalau bayi tiba-tiba susah makan, hal ini akan membuat orangtua cemas dan khawatir akan membuat si kecil sakit. Ketika anak memasuki usia 1 tahun, seringkali makanannya hanya diemut, hanya memilih makanan tertentu dan susah makan sayur, karena lebih memilih untuk bermain.
Ada beberapa penyebab anak menjadi susah makan, diantaranya adalah
1.  Anak sedang merasa sakit
Tidak mau makan karena sakit biasanya disertai ciri-ciri badan lemas, sering demam, sehingga anak  harus segera diperiksakan ke dokter apabila menunjukkan gejala seperti itu.
2. Bosan dengan makanan yang di berikan 
Bukan mustahil anak bosan dengan tekstur makanan yang di kasih.

Berikut ini beberapa cara mengatasi anak yang susah makan, diantaranya adalah
§  Orang tua bisa memberikan variasi menu seperti rasa, ragam dan penyajian yang menarik, agar si anak tidak cepat bosan.
§  Jadwalkan waktu dalam memberi makan dan camilan untuk anak. 
§  Berikan buah-buahan sebagai pilihan camilan sehat untuk mengisi perut anak. 
§  Beri porsi makan secukupnya, jangan berlebih, tetapi boleh ditambah jika anak merasa kurang. 
§  Ajarilah anak agar bisa makan sendiri. 
§  Jangan memaksa anak anda agar makan dengan cepat. 

Jika anak sudah mau makan teratur, anda harus perhatikan kandungan gizi yang di konsumsi nya. Karena asupan makanan dengan gizi seimbang sangat di butuhkan anak, seperti kandungan nutrisi, protein, dan juga kalsium, sehingga pertumbuhan anak akan berjalan sebagaimana mestinya.




[sumber]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar