5 Cara Mengenali dan Menyikapi Karakter Anak

5 Cara Mengenali dan Menyikapi Karakter Anak

KB TKIT HARAPAN BUNDA – Tak sedikit orang tua yang sulit mengetahui karakter dan watak anaknya. Akan tetapi seharusnya orang tua tidak terlalu sulit untuk mengetahui seperti apa karakter yang dimiliki anaknya.

Anak sudah memperlihatkan karakter dasarnya pada usia 4-5 bulan, karakter dasar tersebut menjadi lebih kuat saat usianya semakin bertambah
. Jadi kenali karakter anak anda, supaya benar dalam menyikapi sifatnya.

Ada beberapa karakter anak dan cara menyikapinya, diantaranya adalah:
1. Pemalu/penakut
Tanda anak yang pemalu/penakut adalah anak sering gelisah dan selalu menempel pada orangtuanya. Cara menyikapi anak yang pemalu dan penakut yaitu dengan mengembangkan rasa percaya dirinya dan mengajarkan bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya, serta arahkan pada kegiatan yang positif.
2. Pemarah
Ciri-cirinya anak yang pemarah yaitu sering menangis dan marah-marah saat gagal melakukan sesuatu. Cara mengatasinya yaitu dengan menyuruh anak bergaul dengan teman-temannya, tetapi harus selalu dalam pengawasan orang tua

A
jari anak agar bisa mengatur emosi, berilah kegiatan yang dapat melatih kesabaran. Saat emosinya sedang meledak-ledak beri pengertian kepadanya dan peluklah untuk meredam emosinya. Jangan tinggalkan anak dalam keadaan emosi, karena itu justru akan membuat mereka semakin menjadi pemarah.

3. Sensitif
Ciri anak yang sensitif adalah sering rewel dan mudah tersinggung. Cara mengatasinya antara lain dengan memberi pengertian agar lebih sabar, tidak mudah tersinggung dengan omongan orang lain dan berpikiran selalu positif.

4. Aktif
Ciri-cirinya yaitu tidak bisa diam. Cara menyikapinya bisa dengan mengalihkan sifat aktifnya pada kegiatan yang positif, seperti merapikan tempat tidurnya, membantu bersih-bersih rumah dan juga mengikutkan ekstrakulikuler di sekolah. 

5. Happy-go-lucky

Ciri anak yang happy-go-lucky adalah selalu menyenangkan, tidak rewel, dan mudah tersenyum. Jika anak anda memiliki karakter ini maka anda termasuk orang yang beruntung, karena tidak membutuhkan cara khusus untuk mengasuhnya.

Pahami karakter buah hati anda, dan alihkan semua karakternya pada kegiatan yang positif. agar anak anda bisa menjadi anak yang baik dan juga selalu menghormati anda di kemudian hari.

[sumber]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar