Sekolah bisa jadi sumber stress bagi anak

 Sekolah bisa jadi sumber stress bagi anak

KB TKIT HARAPAN BUNDA – Disekolah, seorang guru adalah pengganti orang tua bagi anak, selain itu , tujuan pendidikan adalah untuk menjadikan anak biar bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi dan melatih kecerdasan intelektual dan emosional. Tapi kenyataanya, guru dan aturan sekolah bisa membuat anak menjadi stress. Berikut adalah contoh dan solusinya.

1    Guru terlalu banyak ngasih PR, solusinya PR banyak tidak akan membuat stress jika ada jadwal mengerjakannya, orang tua harus membantu mengatur jadwal rutin anak ketika dirumah, diskusikan juga pada guru bagaimana caranya dalam menciptakan PR dalam bentuk lainnya yang dapat dikerjakan sambil bermain.

2    Dihukum/dipermalukan guru, solusinya sebaiknya dibicarakan dengan pihak sekolah akibat anak dihukum/dipermalukan oleh gurunya dihadapan temen-temen mereka, sebaiknya memang guru harus memberikan teguran lisan secara individual kepada anak yang melakukan kesalahan. Ini sangat penting supaya anak teteap merasa berharga kendati ia baru melakukan kesalahan.
Guru memang diperbolehkan memberi sanksi kepada anak didiknya tetapi tidak diperbolehkan mengolok-olok.

3       Harus tampil didepan kelas, solusinya jadikan acara presentasi ide dan hasil pekerjaan, juga mengerjakan soal di papan tulis, sebagai bagian dari kegiatan belajar. Sikap guru yang kooperatif, penuh penghargaan, dan ramah sangat membantu memupuk rasa percaya diri anak. Di rumah, orangtua bisa mengajak anak bermain peran yang mengharuskannya tampil di muka. Libatkan penghuni rumah lain sebagai pendengar.




Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar