10 Kewajiban Anak terhadap Orang Tua Menurut Alquran dan Hadis

10 Kewajiban Anak terhadap Orang Tua Menurut Alquran dan Hadis

KB TKIT HARAPAN BUNDA – Kita tahu kalau orang tua memiliki kewajiban terhadap sang anak, begitu juga sebaliknya: anak memiliki kewajiban terhadap orang tua saat dia mampu. Kewajiban yang harus dilakukan seorang anak terhadap orang tua telah tertulis dalam surat-surat Alquran dan hadis. Agar seorang anak bisa melakukan kewajibannya terhadap orang tua, anak-anak harus dibimbing dengan cara bicara yang baik, berlaku sopan, dan tidak menuntut berlebihan sejak anak itu kecil. Berikut 10 kewajiban Anak terhadap orang tua menurut Alquran dan hadits.

1. Memberi Makan kalau Dibutuhkan

Orang tua akan menjadi renta dan kemampuannya mengurus diri sendiri semakin terbatas, maka seorang anak harus  mengurusnya seperti orang tua yang mengurus sang anak sejak lahir ke dunia. Hal tersebut sesuai dengan kalam Allah swt. yang ada di dalam QS. Al-Luqman ayat 13-15, “…dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah, dan menyapihnya dalam dua tahun….”

2. Melayani kalau Diminta

Saat kecil, seorang anak akan dilayani oleh orang tua mulai dari menyiapkan segala hal yang diperlukan hingga menemani sang anak saat ada masalah. Begitu juga sebaliknya, saat sang anak dewasa kewajiban anak terhadap orang tua  yaitu merawat dan melayani. Hal ini sesuai dengan kalam Allah swt. yang ada di dalam Alquran surat an-Nisa ayat 36, “…berbuat baiklah kepada kedua orang tua, …. Sesungguhnya, Allah tidak menyukai orang sombong dan membanggakan diri.”

3. Menyambut kalau dipanggil

Panggilan orang tua ibarat panggilan wakil Allah yang Maha Pengasih yang akan mengantarkan seorang anak ke pintu neraka atau surga. Jadi, pilihlah kata dalam menyambut panggilan orang tua dengan kata-kata yang baik, ya. Hal ini sesuai dengan kalam Allah swt. yang ada di dalam Alquran surat al-Isra ayat 23–24, “…janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia….”

4. Menaati kalau diperintah

Sama halnya dengan panggilan, perintah yang baik ibarat perintah Allah yang Mahakuasa yang harus dipatuhi dan dijalankan. Jadi, mulailah mengumpulkan poin menuju surga dari orang tua, yuk. Hal ini sesuai dengan kalam Allah SWT. yang ada di dalam Alquran surat al-Luqman ayat 15, “…dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Ku kembalimu, maka akan Aku beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”

5. Berbicara dengan lemah lembut

Berbicara sopan dan hindari kata “ah” kepada orang tua saat terjadi percakapan atau hanya sapaan. Hormati orang tua dengan berbicara lemah lembut, karena mungkin hanya itu yang bisa membuat mereka bahagia. Hal ini sesuai dengan kalam Allah yang ada di dalamAlquran surat al-Isra ayat 23, “… janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka.”

6. Memberi pakaian kalau diperlukan

Saat orang tua merayakan ulang tahun, sempatkanlah memberi mereka pakaian yang bagus. Nggak perlu mahal, pakaian yang layak dipakai dan berbahan yang nyaman dipakai cukup membuat mereka senang dengan pemberian anaknya. Kewajiban anak terhadap orang tua ini sesuai dengan kalam Allah SWT. yang ada di dalam Alquran surat an-An`am ayat 151, “…berbuat baiklah terhadap kedua orangtua…Kami akan memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka….”

7. Berjalan bersama dan tidak mendahului

Saat sedang berjalan bersama, jangan dahului langkah orang tua. Berjalanlah sejajar dengan langkahnya. Hal ini termasuk kewajiban anak terhadap orang tua. Saat berjalan, nikmati setiap langkah bersama orang tua yang lebih lambat dari sang anak, karena orang tua ingin menikmati kebahagiaan bersama anak mereka.

8. Memberi tahu kabar baik agar orangtua turut merasa senang

Orang tua akan bahagia saat melihat atau mendengar kabar anaknya menjadi orang sukses atau mencapai impian yang baik. Orang tua justru akan selalu mendoakan semoga impian atau kesuksesan membawa anaknya kepada kebahagiaan dunia dan akhirat. Oleh karena itu, seorang anak senantiasa memberi kabar baik kepada orang tua agar mereka bahagia. Hal ini sesuai dengan kalam Allah SWT. yang ada di dalam Alquran surat Al-Ahqaf ayat 15–16, “…wahai Rabb-ku, tunjukkilah aku untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku dan supaya aku dapat berbuat amal saleh yang Engkau ridhoi. Berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku….”

9. Tidak memberi tahu kabar buruk agar orangtua tidak bersedih

Hal ini juga seperti bahasan di atas. Orang tua akan bersedih saat melihat atau mendengar kabar kalau anaknya sedang mengalami masalah. Orang tua justru akan lebih khawatir dibandingkan dengan anak itu sendiri atas masalah yang dihadapi.

10. Kewajiban Anak Terhadap Orang tua: Mendoakannya

Saat menyudahi salat lima waktu, seorang anak harus mendoakan orang tua agar diampuni dosa-dosanya. Saat orang tua sudah meninggal, hanya doa-doa sang anak yang akan menyelamatkan orang tua di akhirat, selain amalan baik yang dilakukan orang tua semasa hidupnya. Hal ini seusai dengan kalam Allah swt. yang ada di dalam surat al-Isra ayat 24, “…dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil’.”

Yuk, lakukan kewajiban-kewajiban tersebut sekarang!





[Sumber]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar