Ingin anak percaya diri di depan umum? Ini 5 hal yang bisa Parents terapkan!

Ingin anak percaya diri di depan umum? Ini 5 hal yang bisa Parents terapkan!

KB TKIT HARAPAN BUNDA1. Jangan menjadi helicopter parents
Langkah paling mudah yang dapat Parents lakukan agar anak tampil percaya diri adalah dengan berhenti berputar-putar di sekitarnya seperti helikopter.

Anda harus belajar untuk mundur sejenak dan membiarkan anak mengambil risiko, membuat pilihan, mencari solusi untuk menyelesaikan masalah, dan berkomitmen menyelesaikan apa yang sudah dimulainya.

Memang langkah ini tampak sulit bagi sebagian orangtua karena semua orang menginginkan anaknya sukses dan bahagia. Namun percayalah, dengan menempuh langkah ini, anak tetap bisa meraih kesuksesannya sendiri.

2. Biarkan anak membuat keputusan sendiri

Tania pusing melihat anaknya, Nico (4) memilih piyama bermotif kereta api untuk pergi ke mal di suatu hari Sabtu. Namun, jangan menentangnya! Anda bisa memberi saran tetapi biarkan anak yang memutuskan. Hal ini juga berlaku untuk pilihan makanan, mainan, dan kegiatan anak.

Parents bisa memberikan beberapa pilihan, misalnya: Hari ini mau sarapan roti atau sereal? Kamu mau pakai kaos merah atau biru?

3. Bantu anak menetapkan goal atau tujuan

Cobalah bersama-sama dengan anak membuat goal harian. Ketika ia berhasil menjalaninya, maka rasa percaya dirinya akan muncul.

Buatlah goal  yang sederhana, misalnya mengikat tali sepatu sendiri, membereskan mainan setelah selesai, tidak menangis saat pergi ke sekolah, dsbnya. Berikan reward berupa stiker berbentuk bintang.

Singkirkan kekhawatiran Anda bahwa anak tidak bisa menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik. Bukan hasil akhirnya yang penting tetapi proses bagaimana anak berusaha meraih tujuannya.

4. Puji anak secukupnya

Penting bagi Parents untuk memberi anak pujian dan feedback positif karena anak-anak mengukur prestasi mereka berdasarkan pendapat orangtuanya. Namun, cobalah bersikap realistis dalam memberi pujian padanya.

Jika memang anak gagal mengerjakan suatu tugas atau tampak tidak berbakat pada keterampilan tertentu, Parents bisa membesarkan hatinya agar ia tidak putus asa. Yakinkan anak bahwa ia tak harus melakukan segala sesuatu dengan sempurna.

Katakan padanya bahwa beberapa hal memang membutuhkan usaha lebih dan latihan terus-menerus.

Bila anak berhasil dalam mengerjakan sesuatu, pujilah usahanya.

5. Ikut sertakan anak pada kegiatan yang dapat memupuk rasa percaya dirinya

Anda tak pernah tahu apakah anak cukup percaya diri untuk tampil di depan umum jika tidak mencobanya. Carilah kegiatan yang dapat memupuk rasa percaya diri anak.




[Sumber]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar