8 Nilai Yang Bisa Didapatkan Anak dari Pramuka

8 Nilai Yang Bisa Didapatkan Anak dari Pramuka

KB TKIT HARAPAN BUNDA – Siapa yang tidak menyukai Pramuka saat sekolah dulu? Kegiatan ini hampir pasti ditunggu-tunggu oleh Anda dan teman-teman masa kecil dulu ya, Ma. Mulai dari belajar tali-temali, memecahkan sandi morse dan semaphore, berkemah, menjelajah, sampai api unggun. Betapa menyenangkan, bukan?

Nah, bagaimana dengan si kecil sekarang? Apakah ia sudah tergabung dalam regu pramuka di sekolahnya atau di luar? Pramuka, selain menyenangkan, juga bermanfaat dalam menanamkan nilai-nilai positif bagi Anak.

Kerjasama

Dalam Pramuka, anak-anak akan terbagi ke dalam regu. Mereka akan belajar menyelesaikan setiap masalah dengan berkordinasi dan bekerjasama dengan tim, mulai dari membangun tenda, menyiapkan bahan makanan, api unggun, menyelesaikan kegiatan penjelajahan, dan lainnya. Mereka akan belajar bernegosiasi, meredakan egonya demi kepentingan bersama.

Tanggung Jawab

Anak akan terlibat dalam pembagian tugas dalam regu, misalnya saja siapa yang membangun tenda, siapa yang memasang bendera regu, siapa yang menyiapkan api unggun, dan lainnya. Di sini mereka akan berlatih bertanggungjawab untuk menyelesaikan tugas yang sudah diberikan padanya.

Keberanian dan Kepemimpinan

Keterampilan sosial anak akan terasah dalam mengikuti kegiatan Pramuka. Mereka akan berlatih berani mengemukakan pendapatnya kepada sesama anggota regu atau bahkan kepada regu lain. Mereka juga akan belajar kepimimpinan yang baik.

Kemandirian

Kemandirian adalah salah satu hal yang ditempa dalam Pramuka. Dengan mengikuti kegiatan seperti Persami (Perkemahan Sabtu-Minggu) atau Jambore, Anak akan berupaya tidak bergantung pada orang lain. Mereka akan belajar menyelesaikan masalah dan keperluannya sendiri. Berada jauh dari rumah, anak akan melakukan aktivitas mulai dari memasak, cuci piring, hingga merapikan baju mereka sendiri.

Kedisiplinan

Kegiatan pramuka selalu mensyaratkan kedisiplinan. Setiap anak harus bisa menaati jadwal yang telah disepakati. Mereka biasanya harus bangun pagi dan menyelesaikan semua aktivitas. Seluruh rangkaian kegiatan yang mereka ikuti juga memiliki aturan waktu yang ketat. Saat aktivitas penjelajahan, mereka juga berkompetisi dengan regu lain untuk bisa menyelesaikan sandi di satu pos agar bisa lebih cepat melaju ke pos berikutnya. Berada di lingkungan yang disiplin, akan mendorong anak untuk mengikuti kebiasaan tersebut dalam kehidupannya sehari-hari di rumah.

Keterampilan

Dengan mengikuti pramuka, anak juga akan belajar untuk menjadi terampil. Mereka akan belajar berbagai macam teknik tali-temali untuk membuat tandu, mengikat tenda agar kokoh, dan lain sebagainya. Mereka akan berlatih untuk terampil mengoptimalkan peralatan yang ada dalam membuat sesuatu.

Kepedulian

Pramuka mengajarkan Anak untuk peduli terhadap sesama. Hal yang paling mudah bisa dilakukan dengan membantu teman atau regu lain yang mengalami kesulitan. Di samping itu, Pramuka biasanya mengajarkan kegiatan rutin seperti bakti sosial yang melibatkan seluruh anggotanya.

Cinta Alam

Ini adalah salah satu dari sekian nilai yang sangat bisa didapatkan dari Pramuka. Dengan mengikuti kegiatan perkemahan di alam terbuka seperti gunung, anak-anak akan mengenal alam lebih dekat. Menikmati api unggun dalam kebersamaan akan membuat mereka menghargai alam. Di sini mereka juga akan belajar untuk merapikan kembali sampah-sampah agar tidak mengotori alam.




[Sumber]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar