Merayakan Hari Kemerdekaan, Enaknya Ngapain, Ya?

Ilustrasi: bobo.id

KB TKIT HARAPAN BUNDA – Lusa, Indonesia akan memperingati hari kemerdekaannya yang ke-73. Kira-kira, apa yang bisa Bunda lakukan bersama anak-anak, ya?

Cobalah beberapa hal berikut ini.


Memasang Bendera

Sejak memasuki bulan Agustus kita sudah bisa memasang bendera di rumah. Dianjurkan bendera itu terus berkibar selama bulan Agustus. Selain bendera, hiasan berwarna merah-putih juga ikut menghiasi lingkungan kita. Seperti umbul-umbul, balon, rangkaian botol plastik, dan lain-lain.


Dorong Si Kecil untuk Mengikuti Perlombaan

​Salah satu cara untuk merayakan kemerdekaan adalah dengan aktif mengikuti perlombaan di sekolah atau komplek tempat tinggal. Beri pengertian pada si kecil bahwa ini adalah salah satu cara untuk mensyukuri kemerdekaan yang ia rasakan saat ini.


Menyanyikan Lagu Kebangsaan

Mungkin si kecil sudah hapal lagu-lagu kebangsaan karena ia rutin mengikuti upacara bendera di sekolahnya, tapi tak ada salahnya Bunda mengajak si kecil untuk menyanyikan kembali atau mendengarkan lagu-lagu kebangsaan. Sambil menyanyi atau mendengar lagu kebangsaan, Bunda dapat menjelaskan makna yang terkandung di balik setiap lagu tersebut.


Menghapal Nama-Nama Pahlawan

Menghapal nama-nama pahlawan sambil mengenali setiap wajahnya adalah cara lain untuk mengajarkan tentang makna kemerdekaan pada si kecil. Cara ini akan membantu si kecil mengenal para tokoh pahlawan yang pernah berjuang bagi kemerdekaan bangsa Indonesia.


Upacara Bendera

Tepat pada tanggal 17 Agustus kita mengikuti upacara bendera. Anak sekolah biasanya mengikuti upacara bendera di sekolah. Sementara para orang tua bisa mengikuti upacara di kantornya atau di lingkungannya.


Ajak ke Festival

Ada banyak event terselenggara menyambut momen HUT RI. Jangan ragu bawa anak-anak melihat pawai atau festival peringatan 17 Agustus di sudut-sudut kota. Atau mengajak anak ke museum untuk memperkenalkan sejarah.



[Dari berbagai sumber]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar