Mengajarkan Arti Kemerdekaan pada Anak


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Sebentar lagi Anda akan merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73. Secara umum, tentunya Anda mengetahui bahwa kemerdekaan berarti merayakan kebebasan dari penjajah.

Kemerdekaan adalah di mana Anda mendapatkan hak lagi untuk mengendalikan diri sendiri tanpa campur tangan orang lain. Anak-anak belum sepenuhnya mengerti makna tersebut. Bahkan biasanya anak mengikuti berbagai perlombaan 17-an hanya karena ingin mendapatkan hadiah saja, tanpa mengetahui makna di balik perayaan tersebut.

Nah, sebagai orangtua inilah makna kemerdekaan yang bisa Anda berikan pada anak.

  1. Anak mendapatkan kasih sayang penuh dari orangtua.
  2. Anak memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang baik. Kemerdekaan bagi anak adalah hak untuk berjuang melawan kebodohan.
  3. Anak mendapatkan tempat tinggal yang layak.
  4. Anak mendapatkan makanan minuman yang sehat dan bergizi.
  5. Anak tidak dipaksa bekerja di bawah umur.
  6. Anak dapat bebas bermain.
  7. Anak terlindungi dari kekerasan fisik maupun psikis.
  8. Anak bebas mengemukakan pendapat.
  9. Anak bebas menentukan cita-cita tanpa paksaan dari orangtua.
  10. Anak bebas untuk berkarya tanpa ada tekanan dari pihak manapun.


Sayangnya tidak semua anak bisa mendapatkan hak kemerdekaan di atas. Saat ini masih banyak anak yang tidak bisa mendapatkan pendidikan dan hidup yang layak. Bahkan tak sedikit anak yang harus bekerja untuk membiayai kehidupannya sehari-hari.  Semoga di usia bangsa Indonesia yang memasuki usia 73 tahun, semakin banyak anak Indonesia yang bisa mendapatkan pendidikan layak dan kasih sayang yang seutuhnya dari orangtua, serta jauh dari kekerasan fisik maupun psikis.




[klikdokter.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar