Ajarkan Makna Idul Adha pada Anak dan Tanamkan Pendidikan Karakter Patuhnya Nabi Ismail


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Hari Raya Idul Adha adalah salah satu momen yang pas untuk mengajarkan pada anak tentang makna kepatuhan. Selain itu, wajib pula bagi orangtua mengajak anak memaknai Idul Adha yang tak sekadar menyembelih hewan.

Banyak makna yang bisa disampaikan kepada anak agar ia memahami kehidupan dalam cara yang lebih luas. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menanamkan makna Idul Adha kepada anak.


Ibadah haji

Ajarkan pada si kecil bahwa Hari Raya Idul Adha bukan hanya soal menyembelih hewan kurban. Tetapi juga merupakan perayaan ibadah haji yang dilaksanakan di Makkah. Ajak si kecil untuk melakukan Salat Id di pagi hari agar mereka mengerti bahwa ini adalah salah satu hari raya untuk umat Islam.


Berbagi kepada yang membutuhkan

Idul Adha juga merupakan salah satu momen yang tepat untuk mengajarkan tentang berbagi pada anak. Hal ini bisa diperlihatkan melalui hakikat berkurban. Yakni berkurban bagi yang mampu dan memberikan daging-daging kurban tersebut untuk orang-orang yang kurang mampu. Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk membantu membagi-bagikan hewan kurban, atau setidaknya melihat aktivitas orang lain yang membagi-bagikan daging kurban kepada yang membutuhkan.


Tentang kepatuhan Nabi Ismail

Ceritakanlah kisah paling mendasar di balik pelaksanaan hari kurban. Ceritakan pada si kecil tentang kepatuhan Nabi Ismail untuk dikurbankan oleh ayahnya sendiri, Nabi Ibrahim atas perintah Allah SWT.

Ketika Nabi Ibrahim bersiap menyembelih putranya atas perintah Allah, Malaikat Jibril datang dan mengganti Nabi Ismail dengan seekor domba. Hal yang perlu diingat adalah begitu patuhnya Nabi Ismail akan perintah Allah dan ayahnya.


Tekankan kembali 5 Rukun Islam

Rukun Islam adalah salah satu ilmu mendasar yang diajarkan kepada anak-anak dari kecil. Ini saatnya menekankan kembali Rukun Islam kepada si kecil. Terutama pada bagian kelima tentang berhaji bagi yang mampu. Kemudian ajarkan kepada si kecil bahwa di Hari Raya Idul Adha, para umat Islam yang berkumpul di Makkah adalah orang-orang yang sedang menunaikan Rukun Islam kelima.




[okezone.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar