Menumbuhkan Kepedulian Tubuh pada Anak


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang tua dalam menumbuhkan citra positif tubuh pada anak. Citra tubuh positif ini adalah bagaimana Anda berpikir, merasakan dan memperlakukan tubuh Anda.

Hal ini mungkin tak ada hubungannya dengan penampilan Anda sebenarnya, namun citra positif ini lebih kepada bagaimana anak bisa sadar untuk makan secara teratur, olah raga yang baik, tidak depresi, tidak cemas, dan tidak rendah diri.

Dilansir dari Better Health, Selasa (3/3), orang tua bisa menjadi model utama bagi anak. Mereka akan manut pada apa yang digambarkan oleh orang tua mereka. Berikut beberapa saran untuk orang tua.

Pertama, anak-anak akan belajar perilaku makan dari orang tua mereka. Jadi, pastikan orang tua makan banyak buah segar, sayur, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, dan sereal dalam menu sehari-hari. Kedua, jangan mendorong anak Anda untuk melakukan diet berlebihan. Bicaralah dengan anak Anda tentang bahayanya diet berlebihan.

Ketiga, jangan mengeluhkan bagian-bagian tubuh Anda yang jelek di depan anak. Mereka akan berkaca juga pada tubuh mereka dan mencari banyak kekurangan.

Keempat, menerima bentuk tubuh sendiri. Jangan menempatkan banyak penekanan fisik yang sempurna pada anak. Sebaliknya, cobalah berbicara tentang aspek lain yang membentuk tubuh seseorang, yaitu kepribadian, keterampilan, dan pandangan hidup.

Kelima, berolah raga secara teratur. Orang tua dan anak sehendaknya memiliki jadwal olah raga bersama sekali sepekan yang melibatkan beberapa bentuk latihan, seperti menjelajah alam, menari, bermain bola di halaman belakang, pergi berjalan-jalan, atau berenang bersama.

Keenam, bersikap kritis pada pesan dan gambar yang diunggah di berbagai media yang mengagung-agungkan maskulin dan kecantikan. Dorong anak Anda untuk menghargai tubuh mereka apa adanya. Ini akan menimbulkan sikap percaya diri pada anak.




[republika.co.id]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar