7 Manfaat Madu Untuk Anak


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Siapa yang tidak suka dengan Madu? Selain manis, madu juga memiliki tempat istimewa dalam Al Quran karena kandungan yang luar biasa. Begitu banyaknya manfaat kandungan didalam madu sehingga madu banyak digunakan sebagai kesehatan pada tubuh untuk banyak orang.

Hal itu dikarenakan kandungaan nutrisi dan vitamin di dalamnya diantaranya vitamin A, B2, acid dan asam amino. Namun satu hal yang harus Anda tahu meskipun madu sangat baik bagi kesehatan anak tapi bukan berarti baik untu anak yang masih dalam usia di bawah satu tahun. Hal ini disebabkan madu juga memiliki kandungan zat spora yang merupakan bakteri dari clostridium botulisme, dimana kandungan ini sangat berbahaya bagi kesehatan anak yang masih dalam usia dibawah satu tahun.

Apa sajakah kegunaan madu untuk anak?


1. Meredakan Batuk

Jika terserang batuk anak-anak pasti tidak bisa tidur dengan nyenyak. Hal ini terjadi dikarenakan ketidaknyamanan yang dirasakan oleh balita. Untuk mencegah batuk pada buah hati Anda bertambah parah. Ibu bisa memberikan satu sendok madu pada anak sebelum makan agar batuk mereda.


2. Membantu Pertumbuhan

Masa kanak-kanak adalah masa pertumbuhan. Anak-anak membutuhkan banyak gizi serta nutrisi untuk menunjang pertumbuhan. Dengan mengonsumsi madu secara teratur , madu akan sangat membantu proses pertumbuhan buah hati Anda menjadi lebih baik. Berikanlah satu sendok madu sehari dua kali secara teratur pada anak Anda.


3. Mencerdaskan Otak

Kandungan vitamin dan zat-zat yang ada pada madu dapat menjadi stimulus bagi otak anak-anak Anda.


4. Sumber Vitamin

Kebutuhan vitamin sangat diperlukan dalam jumlah banyak oleh buah hati Anda. Mereka membutuhkan bermacam – macam vitamin pada masa pertumbuhannya. Madu mengandung banyak vitamin yang baik bagi kesehatan fisik anak Anda.


5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Madu mengandung sejumlah bakteri yang baik digunakan untuk membunuh bakteri jahat yang terdapat di dalam usus. Dengan madu, sistem pencernaan buah hati Anda akan tetap sehat.


6. Menyembuhkan Luka

Anak-anak memiliki resiko untuk terjatuh atau terluka pada saat bermain. Kadang kala, luka tersebut hanya sekedar memar atau bahkan sampai berdarah. Jika terjadi pendarahan, oleskan madu pada luka agar tidak terjadi infeksi.


7. Sumber Energi

Madu memiliki kandungan fruktosa. Fruktosa adalah pemanis alami yang dapat menjadi sumber energi dan dapat mencukupi kebutuhan harian energi anak Anda.


Itulah tujuh manfaat madu untuk anak. Namun, Anda harus waspada dalam memilih madu. Karena tidak semua madu dipasaran adalah madu asli/murni. Cara mudah membedakan madu asli dan palsu adalah, jika madu tercecer, madu yang palsu akan di kerubungi oleh semut sedangkan yang asli tidak aka di kerubungi semut. Atau, bisa terlihat dari teksturnya. Madu asli akan terlihat lebih kental sementara yang palsu terlihat cair.




[ummi-online.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar