Tips Mudah Mengajarkan Anak Memahami Makna Idulfitri


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Ada beberapa hal yang perlu orangtua ajarkan untuk memaknai Idulfitri kepada anak-anak. Jangan sampai anak hanya mengerti membeli baju Lebaran.

Apa saja yang harus diajarkan anak soal Idulfitri?


Makna Berbagi

Banyak cara mengajarkan anak untuk memahami makna berbagi. Seperti berbagi pakaian baru atau lama layak pakai bagi mereka yang membutuhkan untuk lebaran.

Memberi penjelasan tujuan zakat fitrah untuk berbagi. Pastinya, pastikan anak mngeerti kebahagiaan hari raya kemenangan Idulfitri untuk semua umat muslim. Kaya maupun miskin.


Makna Saling Memaafkan

Ajarkan anak-anak arti dari meminta maaf dan memaafkan. Meminta maaf pada orangtua saat Lebaran dan pada teman-temannya. Begitupun mengajarkan arti untuk memaafkan.


Makna Silaturahmi

Ajarkan anak tujuan bersilaturahmi saat lebaran jangan mendoktrin untuk keperluan angpao. Karena jika anak tidak mengerti makna silaturahmi, bisa saja anak bosan dan enggan silaturahmi lantaran merasa tidak lagi membutuhkan uang keliling Lebaran.


Makna Toleransi

Jika punya tetangga non-muslim. Ini menjadi hal baik untuk meminta anak memberikan kue Lebaran kepada tetangga non-muslim tersebut.

Bagus mengajarkan kepada anank bahwa kita juga saling berbagi, kita berbagi kebahagiaan di hari kemenangan, dan kita memegah teguh makna bhineka tunggal ika.


Baju Lebaran Tidak Mesti Baru

Penting mengajarkan anak makna baju lebaran ini. Sehingga, sampai dewasa anak tidak mesti merasa terus menerus lebaran harus punya baju baru. Asalkan masih ada layak pakai, itu cukup. Sungguh, mengajarkan anak membeli baju baru untuk dibagikan lebih baik.


Mengatur Keuangan Hasil Keliling Lebaran

Saat Lebaran anak akan banyak mendapatkan uang dari sanak saudara kita. Ajarkan anak mengatur uang yang baik. Seperti menabung, tidak berfoya-foya dan diingatkan saling berbagi juga.

Demikian hal-hal yang perlu diajarkan kepada anak mengenai makna hari raya idul fitri. Semoga anak-anak kita bisa menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Aamin ya Rabbal alamin.




[arah.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar