Pentingnya Membangun Kenangan Masa Kecil pada Anak


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Kesibukan aktivitas sehari-hari kerap membuat orang tua tidak memiliki waktu yang berkualitas untuk anak-anak. Padahal, menghabiskan waktu bersama dapat membantu anak-anak memiliki kenangan indah pada masa kecil, yang mungkin tidak akan dilupakan selama hidupnya. Tidak hanya mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak, kenangan manis pada masa kecil itu pun dapat membantu anak mengembangkan karakter dan memori sang anak.

Menurut praktisi pendidikan anak asal India, Akhila Das Blah, tidak jarang orang tua lebih sibuk untuk mengejar karier dan pekerjaan, ketimbang menghabiskan waktu dan berinteraksi dengan anak. Padahal, menghabiskan waktu berkualitas bersama anak dapat membantu anak untuk menciptakan kenangan indah pada masa kecilnya.

''Pengalaman itu bisa memberikan kenangan jangka panjang dan perasaan, yang ditimbulkan dari pengalaman tersebut, akan terus bertahan di dalam hati dan pikiran anak. Akhirnya, pada saat anak itu sudah tumbuh dewasa, dia akan bisa mengingat berbagai kenangan manis itu,'' kata Akhila seperti dikutip Indian Express, Rabu (28/3).

Salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua, lanjut Akhila, dengan mengatur liburan bersama dengan anak-anak. Anak-anak bisa dilibatkan dalam perencaan liburan, mulai dari tujuan objek wisata, pemilihan hotel tempat menginap, hingga pilihan makanan. Semua ini akan membuat anak-anak memiliki pengalaman dengan orang tua dan dapat terus diingat. Tidak hanya itu, pengalaman ini pun bisa meningkatkan karakter dan memori mereka.

''Travelling membuat kita mengalami berbagai pengalaman. Hal itu bisa mengembangkan karakter si anak dengan mengenalkan jenis budaya dan kuliner yang baru. Ini juga dapat membangun karakter si anak, saat mereka mengalami kendala dalam perencaan liburan. Terkadang, liburan yang berjalan buruk justru memberikan kenangan yang manis buat anak,'' tutur Akhila.

Kendati begitu, orang tua juga dapat membentuk kenangan indah bersama anak, tanpa harus liburan ataupun travelling bersama sang anak. Kenangan indah bersama anak, ujar Akhila, sebenarnya bisa dibangun lewat aktivitas sehari-hari. Akhila memberi contoh, salah seorang koleganya, orang tua dengan dua anak, memiliki rutinitas menyanyikan lagu senandung tidur kepada anaknya.

Ini dilakukan lantaran sang ibu kerap dinyanyikan oleh sang nenek pada saat mau tidur. Kenangan ini pun terekam di memori sang ibu, dan melanjutkan kebiasaan ini kepada sang anak. Tidak hanya itu, orang tua juga bisa menghabiskan akhir pekan bersama secara rutin.

''Jika Anda senang memasak, maka ajak anak Anda masak bersama. Atau jika Anda suka bepergian, ajaklah anak Anda pergi secara rutin di setiap akhir pekan. Ajaklah mereka dan biarkan mereka mencoba dan memilih sendiri tempat makan baru. Tapi apapun yang Anda lakukan, pastikan anak akan memiliki kenangan yang indah dari pengalaman tersebut, sama seperti Anda memiliki kenangan indah dari masa kecil Anda,'' kata Akhila.




[republika.co.id]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar