16 Tips Mudik dengan Anak Kecil Menggunakan Mobil Pribadi (No 9-16)


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Lebaran sudah hampir di depan mata. Beberapa keluarga bahkan sudah mempersiapkan diri untuk mudik ke kampung halaman. Jika kalian berangkat dengan anak-anak tentu akan banyak yang perlu dipersiapkan. Berikut tips mudik dengan anak kecil dengan menggunakan mobil pribadi.

Satu hal yang harus dipersiapkan sebelum mudik adalah mempersiapkan kondisi kendaraan. Cek seluruh kesiapan dan perlengkapan wajib dalam kendaraan seperti segitiga pengaman, dongkrak hingga ban cadangan. Jangan lupa ganti oli mesin agar nyaman di jalan.

Setelah menyiapkan kendaraan, hal lain yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari dengan cara mencicil perlengkapan mudik dengan anak dari sekarang. Memang sedikit merepotkan, namun saat mudik nanti, semua akan jadi serba mudah karena persiapan yang matang. Simak tips mudik dengan anak kecil.


9. Batasi Penggunaan Gadget

Jika anda melengkapi mereka dengan tablet, pastikan tablet sudah dalam kondisi fully charged. Namun penggunaan tablet perlu dibatasi. Pasangan kalian bisa memanfaatkan perjalanan yang panjang untuk lebih banyak berinteraksi dengan anak-anak dengan beragam aktivitas seperti bercerita, bertanya, ngobrol dibandingkan sibuk dengan masing-masing gawainya.


10. Pastikan Kendaraan Sehat

Agar perjalanan nyaman, kondisikan kendaraan dengan prima. Cek kelengkapan peralatan mobil dengan seksama sehingga jangan sampai anak-anak terganggu karena mobil tiba-tiba mogok di perjalanan. Akan sangat melelahkan jika kendaraan mogok dan pasti akan memicu si kecil menjadi rewel karena merasa lelah dan bosan.


11. Tandai Rest Area yang Nyaman

Berhentilah setiap tiga jam hingga lima jam sekali, untuk memberikan mereka kesempatan buang air kecil atau sekedar meluruskan kaki dan melemaskan otot-otot yang tegang. Jangan lupa bekali mereka dengan snack dan makanan sehat agar tidak merasa kelaparan di perjalanan. Hindari jajan saat di perjalanan karena selain belum terjamin sehat, anda juga bisa menghemat biaya perjalanan dengan membawa bekal dari rumah.


12. Alas Tidur yang Nyaman

Meskipun dalam perjalanan mudik, kalian tetap harus menyediakan alas tidur yang nyaman selama perjalanan. Minimal anak-anak bisa bersender dan tidak sampai terbentur pintu atau jendela kendaraan. Gunakan bantal yang nyaman serta selimut yang tipis agar tidak terlalu memakan banyak tempat. Pastikan kondisi pendingin kendaraan berfungsi agar anak-anak tidak kepanasan.


13. Lengkapi P3K

Kotak P3K hanya berisi obat-obatan untuk dewasa. Jika mudik bersama anak-anak, pastikan juga membawa obat-obatan untuk anak-anak seperti obat penurun panas, termometer, plester luka, minyak telon hingga vitamin untuk menjaga kondisi tubuh si kecil agar tetap memiliki imun yang kuat saat kelelahan selama perjalanan mudik.


14. Tikar dan Kasur Angin

Perjalan mudik yang paling berkesan adalah saat beristirahat di rest area. Tidak ada salahnya jika membawa kasur angin atau tikar yang nyaman. Saat di rest area, anak-anak bisa tetap bermain sambil diawasi oleh kedua orang tua. Pastikan parkir di tempat yang aman dan tidak terlalu banyak lalu lalang kendaraan.


15. Jangan Lupa Peralatan Mandi Si Kecil

Setelah perjalanan panjang bisanya tubuh lelah dan butuh kesegaran. Saat yang paling tepat untuk mandi adalah sore hari sebelum maghrib. Singgahlah sejenak ke masjid atau rest area pinggir jalan yang menyediakan toilet serta kamar mandi bersih dan banyak. Selain tidak perlu repot antre juga agar lebih nyaman selama membersihkan tubuh dari keringat dan bau.


16. Waktu Paling Tepat untuk Mudik dengan Anak

Waktu berangkat akan sangat ditentukan oleh kondisi lalu lintas. Pantau kepadatan lalu lintas tiga hari sebelum keberangkatan. Pelajari polanya. Waktu terbaik untuk berangkat mudik biasanya setelah sahur atau sekalian sahur di jalan.

Waktu-waktu tersebut biasanya kondisi lalu lintas belum terlalu ramai. Namun hal tersebut benar-benar amat tergantung dengan volume kendaraan yang ada di jalan. Jadi, kuncinya jika sudah terjebak macet, bersabarlah. Yang penting selamat hingga tujuan. Nikmati perjalanan bersama keluarga dengan banyak bercerita dan saling bertukar pikiran.




[reservasi.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar