16 Tips Mudik dengan Anak Kecil Menggunakan Mobil Pribadi (No 1-8)


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Lebaran sudah hampir di depan mata. Beberapa keluarga bahkan sudah mempersiapkan diri untuk mudik ke kampung halaman. Jika kalian berangkat dengan anak-anak tentu akan banyak yang perlu dipersiapkan. Berikut tips mudik dengan anak kecil dengan menggunakan mobil pribadi.

Satu hal yang harus dipersiapkan sebelum mudik adalah mempersiapkan kondisi kendaraan. Cek seluruh kesiapan dan perlengkapan wajib dalam kendaraan seperti segitiga pengaman, dongkrak hingga ban cadangan. Jangan lupa ganti oli mesin agar nyaman di jalan.

Setelah menyiapkan kendaraan, hal lain yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari dengan cara mencicil perlengkapan mudik dengan anak dari sekarang. Memang sedikit merepotkan, namun saat mudik nanti, semua akan jadi serba mudah karena persiapan yang matang. Simak tips mudik dengan anak kecil.


1. Tempatkan di Kursi Belakang

Apapun jenis mobil yang anda gunakan sebaiknya anak-anak duduk di kursi baris kedua demi keselamatan. Jangan pernah membiarkan anak-anak duduk di baris depan saat melakukan mudik dengan jarak jauh. Pasalnya saat mereka bosan, akan dengan cepat mereka menganggu konsentrasi pengemudi. Disamping itu, di beberapa negara seperti Eropa dan Amerika, anak-anak pada umur tertentu wajib menggunakan car seat dan harus berada di baris kedua.


2. Sediakan Ruang untuk Gerak Anak

Anak-anak membutuhkan ruang gerak yang cukup meskipun dalam perjalanan. Mobil tipe sedan tidak disarankan digunakan untuk mudik jarak jauh. Selain memiliki head room yang rendah, anak-anak juga tidak bisa bebas bergerak. Mobil MPV akan sangat nyaman untuk anak-anak karena memiliki head room yang tinggi dan leg room yang lega terutama di baris kedua.


3. Light Packing

Pastikan semua barang-barang bawaan dikemas dan ditempatkan di bagasi dengan aman dan nyaman sehingga tidak membatasi ruang gerak anak-anak saat berada di kabin mobil. Beberapa sela seperti kolong kursi baris kedua dan baris ketiga bisa digunakan sebagai tempat menyimpan barang. Hindari menumpuk barang di samping kursi bersamaan dengan anak-anak. Selain berresiko melukai anak-anak juga akan membuat mereka tidak nyaman selama perjalanan.


4. Persiapan saat Si Kecil Mabuk Perjalanan

Sediakan plastik tempat sampah dan plastik untuk kantung muntah jika sewaktu-waktu anak-anak mabuk dalam perjalanan. Pastikan kantung plastik ditempatkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau misalnya di samping pintu atau di belakang kursi pengemudi yang memiliki kantong.


5. Utamakan Membawa Perlengkapan Anak 

Bawa barang-barang penting yang dibutuhkan anak-anak seperti tissue, tissue basah, botol minum mereka, botol air refill, pensil warna atau crayon warna serta kartu permainan agar mereka tidak bosan selama perjalanan mudik.

Perbanyak koleksi buku bacaan dan referensi games-games yang bisa dimainkan saat dalam perjalanan mudik. Misalnya juga mengoleksi lagu-lagu anak-anak agar mereka juga nyaman saat perjalanan. Jangan lupakan mainan favorit anak kalian.


6. Gunakan Kaca Film Berkualitas Atau Tirai Mumpuni

Untuk melindungi mereka dari sinar matahari, tidak ada salahnya mobil anda dilengkapi dengan tirai khusus mobil. Tirai ini sangat penting agar anak-anak tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Hindari menggunakan kain yang diselipkan di kaca mobil. Selain berbahaya juga terlihat kurang estetis. Akan lebih baik lagi jika mobil sudah dilenkapi dengan kaca film anti UV.


7. Manfaatkan Fitur Keselamatan Kendaraan

Pastikan jendela belakang terkontrol dari kemudi depan. Kalian bisa mengaktifkan child lock baik untuk jendela maupun pintu belakang agar tidak mudah dibuka dan dimainkan oleh anak-anak. Pastikan semua beroperasi dengan sempurna sebelum berangkat mudik.


8. Koleksi Musik dan Film Anak-Anak

Jika mobil kalian sudah dilengkapi dengan fasilitas DVD, tentu saja hal ini akan sangat membantu. Ketika anak-anak sudah bosan dengan games, permainan dan nyanyian tidak ada salahnya memutarkan film-film favorit mereka seperti Big Hero 6, Frozen, The Good Dinosaur, Finding Dory, Finding Nemo dan lain-lain.


(bersambung)




[reservasi.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar