Mengajarkan Anak Tentang Memilih Jajanan


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Resiko untuk mengalami gangguan kesehatan akan lebih besar jika seorang anak sering jajan sembarangan saat sedang berada di sekolah. Dampak negatif yang akan diberikan oleh jajanan yang tidak sehat terhadap seorang anak adalah diare, menurunnya fungsi otak dan kanker.

Drs. Halim Nababan, MM, Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan BPOM mengatakan bahwa “berdasarkan data yang dirngkum oleh BPOM tahun 2008 hingga tahun 2010, sekitar 40 sampai 50 persen jajanan anak mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin, borax, rhodamin dan cemaran mikroba.”

Para orang tua tentu sangat khawatir mengenai hal ini, terlebih lagi karena Anda tidak bisa mengawasi buah hati Anda selama 24 jam. Oleh karena itu, satu-satunya cara yang bisa Anda gunakan agar mereka bisa terhindar dari penyakit tersebut adalah mengajarkan mereka untuk lebih cermat ketika membeli jajanan.

Menurut BPOM, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda tanamkan kepada buah hati Anda agar mereka bisa lebih selektif dalam memilih jajanan saat berada di sekolah.


Jangan Membeli Jajanan yang Warnanya Mencolok

Agar bisa lebih menarik perhatian anak-anak, beberapa pedagang mungkin akan menambahan zat pewarna rhodamin. Zat ini sendiri adalah zat pewarna yang digunakan dalam industri percetakan dan tekstil, sehingga pastinya sangat berbahaya jika digunakan dalam makanan.


Jangan Membeli Makanan yang Sudah Basi

Karena alasan ekonomi, biasanya seorang pedagang masih akan tetap menjual sisa makanan kemarin yang mungkin telah basi. Oleh karena itu, ajarkan kepada buah hati Anda untuk memeriksa keadaan makanan tersebut sebelum membelikan. Pastikan makanan tersebut tidak berlendir, memiliki bau yang aneh atau warnanya berubah.


Jangan Membeli Makanan yang Tidak Tertutup

Biasanya, para penjual gorengan tidak memiliki wadah khusus yang tertutup untuk menyimpan makanan yang telah diolah. Hal ini tentu saja membuat makanan tersebut beresiko tinggi untuk terkena kuman, virus dan bakteri dari udara. Oleh karena itu, ajarkan buah hati Anda untuk membeli makanan dalam kemasan yang tertutup.


Jangan Membeli Makanan yang Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Seringkali para pedagang mie yang ingin mendapatkan keuntungan yang lebih banyak menambahkan formalin pada mie basah agar mie tersebut bisa tahan hingga sepekan.

Selain formalin, Anda juga harus mengajarkan kepada buah hati Anda untuk menghindari makanan yang bertekstur lebih kenyal seperti cireng, cilok dan cimol. Karena terkadang itu, pedangang yang nakal akan menambahakn borax ke dalamnya.




[segiempat.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar