5 Permainan Sains dan Teknologi untuk Anak (Bag. 5-Habis)


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Anak punya kebiasaan mengutak-atik mainannya? Bisa jadi ia punya minat di bidang sains dan teknologi. Yuk, membuat sendiri permainan sains dan teknologi untuk anak di rumah!

Tahukah Parents, saat anak besar nanti, setidaknya 65 persen pekerjaan yang akan mereka lakukan di masa depan, saat ini belum tercipta, seperti yang dikutip dari Huffingtonpost.com.

Maka itu untuk mempersiapkan anak menghadapi karier masa depan yang masih misterius, banyak orang tua berusaha mengembangkan minat anak pada kemampuan sains dan teknologi. Istilah populernya adalah STEM (Science, Technology, Engineering and Math).

STEM yang mencakup Sains, Teknologi, Teknik Mesin, Matematika, mendukung anak memiliki kemampuan berpikir yang logis dan kritis. Kemampuan untuk menguasai keempat pengetahuan ini akan sangat bermanfaat di masa depannya nanti. Di masa mendatang, semakin banyak lapangan pekerjaan yang berkutat di bidang tersebut.

Nah, agar anak tertarik melatih kemampuan STEM, lakukan dengan cara menyenangkan. Ini 5 permainan sains dan teknologi untuk anak usia 3-6 tahun yang bisa dipraktikkan di rumah.


5. Kompas buatan sendiri

Permainan ini mengajarkan anak arah mata angin dan daya magnet.

Bahan:
  • Mangkok (isi dengan air)
  • Jarum
  • Magnet
  • Gabus atau styrofoam bentuk menjadi lingkaran kecil


Cara:
  1. Gesekkan jarum pada magnet dengan gerakan searah beberapa kali untuk membuat jarum bersifat magnetis.
  2. Letakkan jarum di atas gabus/styrofoam, lalu biarkan mengapung di dalam mangkok berisi air.
  3. Voila! Jarum akan berputar untuk menunjukkan arah utara-selatan.
  4. Tandai bagian mana yang menunjuk ke arah utara dan yang menunjuk ke selatan, lalu putar mangkok. Maka jarum akan ikut berputar dan tetap menunjukkan arah utara-selatan.





[id.theasianparent.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar