5 Permainan Sains dan Teknologi untuk Anak (Bag. 3)


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Anak punya kebiasaan mengutak-atik mainannya? Bisa jadi ia punya minat di bidang sains dan teknologi. Yuk, membuat sendiri permainan sains dan teknologi untuk anak di rumah!

Tahukah Parents, saat anak besar nanti, setidaknya 65 persen pekerjaan yang akan mereka lakukan di masa depan, saat ini belum tercipta, seperti yang dikutip dari Huffingtonpost.com.

Maka itu untuk mempersiapkan anak menghadapi karier masa depan yang masih misterius, banyak orang tua berusaha mengembangkan minat anak pada kemampuan sains dan teknologi. Istilah populernya adalah STEM (Science, Technology, Engineering and Math).

STEM yang mencakup Sains, Teknologi, Teknik Mesin, Matematika, mendukung anak memiliki kemampuan berpikir yang logis dan kritis. Kemampuan untuk menguasai keempat pengetahuan ini akan sangat bermanfaat di masa depannya nanti. Di masa mendatang, semakin banyak lapangan pekerjaan yang berkutat di bidang tersebut.

Nah, agar anak tertarik melatih kemampuan STEM, lakukan dengan cara menyenangkan. Ini 5 permainan sains dan teknologi untuk anak usia 3-6 tahun yang bisa dipraktikkan di rumah.


3. Mengenal bentuk dengan camilan

Percobaan ini bisa mengajarkan anak mengenal nama-nama bentuk dua dimensi, seperti segitiga, segiempat, dll. Serunya, dilakukan dengan camilan favorit anak: marshmallow dan pretzel!

Bahan:
  • Marshmallow ukuran kecil
  • Pretzel berbentuk stik
  • Kertas putih tebal


Cara:
  1. Buat beragam bentuk di kertas menggunakan spidol.
  2. Minta anak membuat bentuk sama seperti yang tergambar pada kertas menggunakan marshmallow dan pretzel.
  3. Setelah itu anak bisa menuliskan nama-nama bentuk dua dimensi yang sudah ia buat. Setelah selesai, anak bisa makan hasil percobaannya!



[id.theasianparent.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar