11 Langkah Mudah Bantu Anak Belajar Matematika


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Matematika selalu jadi momok bagi banyak orang, namun anak bisa belajar menyukai pelajaran yang satu ini. Caranya? Bunda harus membantu anak belajar matematika sejak balita dengan cara yang menyenangkan.

Kami percaya bahwa setiap anak bisa matematika. Berikut ini cara yang dapat Bunda lakukan untuk membantu anak belajar matematika.


1. Gunakan snack favorit anak


Cara yang satu ini tentu membuat anak bahagia. Siapkan selembar kertas yang sudah digambari lingkaran dan minta anak menghitung bersama dengan bantuan snack (atau anggur, biskuit, permen, apa pun yang disukai anak).


2. Stik es krim dan jepitan jemuran


Gambar apel dengan jumlah berbeda di stik es krim dan tuliskan jumlahnya di jepitan jemuran. Minta anak Anda mencocokkan jumlah apel dengan angka.


3. Menghitung marshmallow


Cara berhitung ini pasti disukai oleh anak yang cinta makanan manis. Potong kertas membentuk cangkir besar, kemudian lempar dadu dan letakkan sejumlah marshmallow di atas cangkir kertas seusai angka yang keluar.


4. Mari menanam


Jika Bunda punya sisa pom-pom warna-warni, gunakan untuk membuat kebun kecil.


5. Lebih banyak atau lebih sedikit?


Siapa yang sering bingung saat belajar ‘lebih dari’ atau ‘kurang dari’ saat pelajaran matematika? Buaya yang imut ini akan membantu anak belajar matematika dengan cara yang mudah diingat.


6. Menghias manusia salju


Ganti topi manusia salaju kemudian minta anak untuk menghias tubuh si boneka salju dengan pom-pom sesuai jumlah yang tertera di topi.


7. Pecahan apel


Tak ada cara yang lebih baik dalam mengajari anak soal pecahan selain menggunakan apel! Apel mudah dibagi menjadi setengah atau seperempat sehingga anak bisa memakan potongannya sebagai hadiah ketika berhasil jawab pertanyaan.


8. Belajar pecahan dan jam


Cara yang satu ini khusus untuk anak yang sudah belajar pecahan dan jam, namun sering merasa kebingungan. Lebih mudah untuk menjelaskan pecahan dengan bantuan jam, terutama soal seperempat dan setengah.


9. Bermain engklek


Ini cara terbaik mengenalkan angka pada anak yaitu dengan meminta mereka melompat ke angka-angka yang sudah dibuat di lantai. Untuk anak yang lebih besar, bisa dimodifikasi dengan membuat soal matematika dan mereka harus melompat ke jawabannya.


10. Belajar jam-jaman


Jam yang interaktif buatan sendiri seperti ini akan membantu anak lebih memahami jam, menit, dan detik. Mereka selalu bisa mengecek sendiri apakah sudah benar pemahaman mereka dengan cara membuka lipatan kertas.

Saat membuat jam, pastikan warna jarum dan angka jamnya sama, sedangkan warna jarum menit disamakan dengan warna angka menit.


11. Gelas kertas


Siapkan lima buah gelas kertas. Ambil tiga gelas dan tuliskan angka 0 sampai 9 di sisi dekat mulut gelas.

Pada dua gelas lainnya, tulis tanda tambah, kurang, kali, bagi, dan sama dengan. Kemudian, mulailah ajak anak bermain.


Bagaimana, seru kan? Wah, dengan cara seperti ini matematika jadi tidak terasa menakutkan lagi dan anak belajar matematika dengan mudah.

Semoga bermanfaat.




[theasianparent.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar