5 Permainan Sains dan Teknologi untuk Anak (Bag. 1)


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Anak punya kebiasaan mengutak-atik mainannya? Bisa jadi ia punya minat di bidang sains dan teknologi. Yuk, membuat sendiri permainan sains dan teknologi untuk anak di rumah!

Tahukah Parents, saat anak besar nanti, setidaknya 65 persen pekerjaan yang akan mereka lakukan di masa depan, saat ini belum tercipta, seperti yang dikutip dari Huffingtonpost.com.

Maka itu untuk mempersiapkan anak menghadapi karier masa depan yang masih misterius, banyak orang tua berusaha mengembangkan minat anak pada kemampuan sains dan teknologi. Istilah populernya adalah STEM (Science, Technology, Engineering and Math).

STEM yang mencakup Sains, Teknologi, Teknik Mesin, Matematika, mendukung anak memiliki kemampuan berpikir yang logis dan kritis. Kemampuan untuk menguasai keempat pengetahuan ini akan sangat bermanfaat di masa depannya nanti. Di masa mendatang, semakin banyak lapangan pekerjaan yang berkutat di bidang tersebut.

Nah, agar anak tertarik melatih kemampuan STEM, lakukan dengan cara menyenangkan. Ini 5 permainan sains dan teknologi untuk anak usia 3-6 tahun yang bisa dipraktikkan di rumah.


1. Percobaan kimia di dapur

Percobaan ini ingin mengajarkan anak tentang perubahan warna dan reaksi kimia.

Bahan:

  • Kol ungu dibuat jus. Ambil airnya saja dan bagi ke dalam dua gelas.
  • Baking soda
  • Cuka
  • Gelas
  • Sendok kayu

Cara:

  1. Kol ungu dibuat jus. Ambir airnya saja, dan bagi ke dalam dua gelas.
  2. Pada gelas pertama campurkan jus dengan baking soda. Hasilnya akan berubah warna menjadi biru muda.
  3. Pada gelas kedua campurkan dengan cuka. Hasilnya, jus akan berubah warna menjadi merah muda.
  4. Gabungkan jus dari kedua gelas. Hasilnya, akan muncul gelembung-gelembung. Anak pasti senang melihat reaksi kimia ini!





[id.theasianparent.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar