Anak Susah Makan hingga Berat Badan Susah Naik? Lakukan 3 Hal Ini!


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Anak sulit makan menjadi masalah yang serius bagi orangtua. Bagaimana tidak, orang tua pasti berpikir bagaimana nutrisi anak untuk tumbuh kembanya bisa mencukup jika ia menolak makanan yang diberikan.

Untuk mengatasi hal ini orang tua melakukan banyak hal misalnya memberinya suplemen atau pun memeriksakan anak ke dokter.

Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition mengungkapkan penyebab anak susah makan bervariasi seperti penyakit/kelainan organik bawaan, interaksi anak dan faktor lingkungan terutama keluarga. Penyebab yang paling banyak dijumpai adalah pemberian nutrisi yang kurang hingga cara memberikan makan untuk anak.

Lalu apa hal yang bisa dilakukan jika anak sulit makan?

Apabila anak mengalami kesulitan makan ada beberapa hal yang perlu dilakukan, sesuai dengan aturan makan, menurut Bonnin dalam bukunya yang berjudul Feeding problems of infants and Toddler.


Jadwal

Buatlah jadwal makan yang teratur. Tidak hanya makanan utama, Bunda juga perlu mengatur jadwal makanan selingan yang teratur. Pemberian makan sebaiknya tidak lebih dari 30 menit serta jangan menawarkan camilan yang lain saat makan kecuali minum.


Lingkungan

Buatlah situasi lingkungan yang menyenangkan seperti jangan memaksa anak saat makan. Siapkan serbet untuk alas makan agar tidak berantakan, jika makannya berantakan, tak perlu marah.

Hindari hal-hal yang dapat mengganggu makan anak seperti mainan, televisi atau gadget.

Jangan juga menjadikan makanan sebagai hadiah misalnya memberikan makanan kesukaannya jika ia melakukan sesuatu. Hal ini membuatnya ketergantugan terhadap makanan tersebut.




[nakita.grid.id]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar