Cara Ampuh Berantas Kutu Rambut Anak


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Anak-anak paling rentan terkena kutu rambut, apalagi jika salah satu temannya sudah tertular. Tentu saja hal ini membuat Mama merasa bingung bagaimana cara menghilangkan kutu-kutu tersebut.

Jangan khawatir Ma, seperti yang dikutip dari www.parents.com ahli dermatologis dari American Academy of American Dermatology (AAD), Dr. Paradi Mirmirani mengungkapkan, ada banyak cara untuk memberantas kutu di rambut anak.

Namun, yang paling direkomendasikan adalah dengan menyisir rambut dengan sisir yang rapat (serit) kemudian meneteskan cairan atau shampoo khusus yang dapat memberantas telur-telur kutu.

“Perlu diketahui bahwa kutu tidak bisa melompat seperti yang kita bayangkan. Kalau perawatan sederhana tersebut masih belum ampuh, mungkin Anda bisa membawa si kecil ke dokter agar dapat diberikan resep khusus,” katanya.

Cara lainnya adalah dengan memberikan minyak essensial khusus untuk rambut dengan aroma herbal yang kuat dan tidak disukai oleh kutu. Teksturnya yang berminyak akan menyulitkan mereka untuk bergerak.

Namun setelahnya sang dokter menyarankan agar tetap menyisir rambut anak dengan menggunakan sisir serit yang sebelumnya dilapisi dengan kondisioner terlebih dahulu.

Upayakan kondisioner yang digunakan berwarna putih, agar telur-telur kutu dapat mudah terlihat. Sebaiknya, lakukan cara-cara tersebut setiap hari sampai rambut aman dan bersih dari kutu dan telurnya.

Sebagai langkah pencegahan AAD menyarankan agar orang tua dapat mengajari anak-anaknya untuk tidak saling berbagi barang pribadi dengan teman-temannya misalnya, sisir, aksesoris rambut, topi, handuk maupun helm pelindung kepala.

Ternyata, berdasarkan penelitian dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada sekitar 6-12 juta anak di Amerika Serikat yang setiap tahunnya tertular kutu rambut.




[parenting.co.id]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar