Tips Meningkatkan Semangat Belajar Anak


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Tahun depan, anak saya sudah masuk sekolah, namun sepertinya ia justru tidak semangat kalau diajak belajar membaca dan menulis. Bagaimana ya cara meningkatkan semangat belajar Si Kecil?


Suasana Belajar Menyenangkan

Cara meningkatkan semangat anak untuk belajar adalah dengan memberikan suasana belajar di rumah yang menyenangkan agar tidak bosan. Kemudian gunakan metode belajar sambil bermain, dengan begitu anak akan merasa senang sekaligus mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru.


Alat Tulis Menarik

Walau umurnya masih terlalu kecil untuk belajar, namun peralatan penunjang proses belajar yang menarik dapat meningkatkan semangat belajar anak. Pastikan juga tempat dan suasana belajarnya menyenangkan, dan ajarkan dengan penuh kasih sayang. Orangtua juga harus mengerti cara belajar seperti apa yang efektif untuk Si Kecil. Selain itu, mengajarnya juga tidak boleh sambil main gadget ya!


Kreasi Seni

Cara lain untuk meningkatkan semangat belajar anak adalah dengan melengkapi peralatan tulis dan gambar dengan warna dan motif menarik. Dan setelah belajar, kami melakukan aktivitas belajar seni, seperti mewarnai, menggunting, menempel, hingga membuat bentuk dari origami. Semua itu membuat dia tidak sabaran untuk belajar.


Orangtua Ikut Berinteraksi

Perkembangan belajar anak hingga usia 3 tahun adalah masa belajar dasar anak tentang etika baik di dalam rumah, lingkungan sekitar, serta agama. Cara menumbuhkan semangat belajar bagi anak adalah dengan ikut langsung berinteraksi dengan dia, dan ikut mencoba bersama-sama. Hal ini dilakukan agar bisa menambah rasa percaya dirinya untuk melakukan sesuatu hal, seperti membaca buku atau bernyanyi bersama.


Tidak Memaksa

Ada anak yang agak susah untuk diajak belajar, bahkan tidak mau sama sekali saat kedua orang tuanya mencoba dengan paksaan. Ternyata cara itu salah! Si anak justru minta belajar baca tulis dengan sendirinya jika kami tidak memaksanya. Sejak saat itu, kami sadar kalau belajar haruslah menyenangkan dan tanpa paksaan.




[motherandbaby.co.id]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar