Rasa Takut yang Biasa Dialami Anak dan Cara Mengatasinya (2)

Ilustrasi: sahabatanakindonesia.com

KB TKIT HARAPAN BUNDA – Bagi anak-anak, ketakutan yang mereka rasakan biasanya bukan berupa takut kepada benda tertentu, melainkan lebih kepada rasa takut terhadap situasi. Beberapa macam rasa takut yang biasa dirasakan anak-anak adalah sebagai berikut.

Takut Mimpi Buruk

Ada kalanya anak mengalami mimpi buruk karena pengalaman yang seram atau cerita yang mereka dengar sebelum tidur, sehingga anak menjadi tidak mau tidur sendirian selama beberapa malam. Bahkan ada sebagian anak yang menjadi sulit tidur walaupun ditemani karena takut bermimpi buruk lagi. Ketakutan anak ini bisa mempengaruhi kualitas tidurnya dan pada akhirnya akan mempengaruhi aktivitasnya di siang hari.

Cara mengatasinya

Cari tahu sumber mimpi buruk anak dengan seksama, dan beri anak penjelasan yang logis agar ia bisa mengatasi ketakutannya.

Takut pada Suara Keras

Bagi sebagian anak-anak, suara keras, gaduh atau hingar bingar bukan sesuatu yang nyaman. Hal itu akan menjadi ancaman bagi mereka. Begitu juga jika ada orang yang bersuara keras dan bernada seperti sedang bertengkar, hal itu bisa membuat anak takut. Anak-anak tidak mengerti alasan dibalik dua orang yang sedang berargumen, apalagi jika menggunakan suara keras dan nada tinggi.

Cara mengatasinya

Jauhkan semua bentuk kekerasan atau pertengkaran yang dapat dilihat anak agar ia tidak merasa takut. Jelaskan juga pada anak bahwa segala bentuk kekerasan itu adalah emosi negatif yang tidak boleh ditiru.

Takut Hantu

Sering ditakut-takuti dengan cerita seram atau diancam menggunakan hantu ketika ia tidak menurut, bisa membuat anak menjadi takut hantu. Ketakutan anak kepada hantu karena ia merasa bahwa hantu adalah makhluk yang nyata yang ada di dekatnya dan bisa menyakitinya seperti dalam cerita atau film yang ia tonton.

Cara mengatasinya

Selalu dampingi anak ketika ia membaca atau menonton sesuatu agar orang tua dapat memberikan penjelasan yang proporsional kepada anak mengenai apa yang dia lihat.

Takut Air

Anak yang takut air sebenarnya takut pada sesuatu yang tidak ia ketahui. Hal ini mencakup ketakutan anak kepada air dalam jumlah besar, misalnya lautan atau kolam renang. Mungkin juga anak takut karena pernah mempunyai pengalaman buruk ketika belajar berenang, seperti hampir tenggelam, tersedak atau menelan air kolam.

Cara mengatasinya

Perkenalkan air kepada anak secara perlahan dan jangan memaksanya untuk langsung menaklukkan ketakutannya tersebut.

Takut Binatang

Untuk anak yang takut kepada binatang, biasanya karena mereka pernah mengalami pengalaman buruk dengan salah satu jenis binatang tersebut, atau takut karena melihat bentuknya. Misalnya, takut karena bentuk laba-laba, capung yang bisa terbang, atau ular dan anjing yang sering menggonggong dengan keras dan juga kucing yang suka mencakar.

Cara mengatasinya

Ajari anak mengenal berbagai jenis binatang dan ciri khas mereka. Katakan bahwa memang ada beberapa jenis binatang yang tidak boleh didekati karena berbahaya, namun biasanya tidak berada di dekat manusia. Ajaklah anak ke kebun binatang atau menonton acara tv tentang satwa untuk memperluas pengetahuannya.

Takut Petir

Petir dan kilat yang terjadi saat hujan merupakan kejadian yang ditakuti sebagian anak. Pikiran anak yang masih kecil tentu belum bisa menangkap bahwa petir tidak akan menyakiti mereka jika berada aman di dalam rumah. Sehingga mereka merasa takut setiap kali hujan karena mengira petir dapat mencelakai mereka. Belum lagi jika ada cahaya terang dan suara menggelegar yang biasa menyertai kemunculan petir yang membuat anak takut.

Cara mengatasinya

Jelaskan kepada anak bahwa petir, kilat dan lainnya adalah fenomena alam biasa yang tidak perlu ditakuti selama kita bisa melakukan langkah pengamanan untuk mencegahnya. Jelaskan dalam kondisi apa petir dan kilat bisa melukai atau mencelakai manusia.




[dokteranak.org]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar