Ini 3 Manfaat Anak Aktif Olahraga Sejak Dini Saat Dewasa Kelak


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Berbagai penelitian telah membuktikan manfaat anak aktif olahraga sejak dini yang akan dirasakannya saat ia dewasa kelak. Salah satunya adalah sebuah studi di tahun 2014 yaang meneliti para veteran Perang Dunia II.

Para peneliti menemukan bahwa hal terkuat yang bisa memprediksi kesejahteraan hidup di masa tua adalah apakah orang tersebut melakukan olahraga saat masih duduk di bangku sekolah. Mereka juga mencatat bahwa para subjek studi ini jarang mengunjungi dokter untuk masalah kesehatan apa pun.

Dari studi ini disimpulkan setidaknya 3 manfaat anak aktif olahraga sejak dini bagi dirinya saat dewasa.


1. Lebih terbuka pada pengalaman baru

Para peneliti sebenarnya ingin mengidentifikasi ciri-ciri kepribadian orang yang punya kebiasaan olahraga yang membuatnya tetap sehat dan bugar sepanjang hidup. Ilmuwan mengikuti 712 veteran PD II yang masih terlihat sehat seperti anak muda, dan meninjau kondisi mereka 50 tahun kemudian saat para veteran tersebut rata-rata berusia 78 tahun.

Hasilnya, mereka yang aktif olahraga sejak dini ternyata lebih terbuka terhadap pengalaman baru. Mereka selalu ingin mencoba hal-hal baru seperti seorang petualang, termasuk tetap aktif berolahraga dan menjaga kebugaran di usia 75 tahun.


2. Meningkatkan kecenderungan tetap aktif berolahraga sepanjang hidup

Theodore Garland, Jr, seorang profesor biologi di Universitas California bersama beberapa koleganya melakukan penelitian terhadap tikus. Penelitian ini dilakukan ntuk mengidentifikasi manfaat anak aktif olahraga sejak dini dengan kecenderungan berolahraga di masa dewasa.

Studi yang dilakukan pada Juni 2015 ini dipublikasikan secara daring di Jurnal Physiology & Behavior. Tujuan utama studi ini ialah untuk mengevaluasi manfaat aktif olahraga sejak dini dengan aktivitas fisik di usia dewasa.

Berdasarkan hasil penelitian ini, Garland menyatakan ada implikasi yang penting pada pendidikan fisik di usia SD dan SMP. Dalam pernyataannya ke media, Garland mengungkapkan:

Jika anak olahraga rutin selama masa sekolah, maka dia akan memiliki kecenderungan untuk berolahraga saat dewasa. Yang bisa memberikan manfaat bagi kesejahteraan hidup manusia.

Penelitian kami menyatakan, manfaat anak aktif olahraga sejak dini hanya bisa memiliki dampak positif jika terus dijaga rutinitasnya.


3. Memiliki riwayat kesehatan yang baik

Anak yang aktif olahraga sejak dini akan memiliki kebiasaan baik untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Dan bisa dipastikan, ia akan memiliki riwayat kesehatan yang baik dibanding anak yang jarang olahraga.

Nah, setelah tahu manfaat aktif olahraga sejak dini, yuk dorong anak untuk rajin berolahraga. Anda juga bisa memberikan teladan dengan menjadwalkan olahraga bersama keluarga setiap akhir pekan sehingga semua anggota keluarga bisa mendapatkan manfaat olahraga.




[id.theasianparent.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar