Cara Menyenangkan Kenalkan Uang pada Anak


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Membicarakan uang sering kali terlewatkan dalam proses belajar anak bersama orang tua. Bisa karena terlupakan atau malah dianggap "tabu" bagi anak untuk mengetahui uang terlalu dini. Kekhawatiran orang tua sering kali takut ketika anak sudah tahu uang maka minta jajan terus.

Padahal, ada banyak manfaat dari mengajari nilai uang kepada anak sejak dini.

Dengan belajar uang sejak dini, anak akan belajar merencanakan hidupnya, berpikir jangka panjang, dan bijak dalam mengambil keputusan karena sudah mengerti nilai uang. Lalu bagaimana cara mengenalkannya?

Mona Ratuliu, artis yang juga merupakan penulis buku Parenthink, dalam acara Klinik #BICARAUANG for Parents with Young Children yang digelar oleh PermataBank beberapa waktu lalu, berbagi cara untuk mengajarkan tentang uang kepada anak, dengan cara menyenangkan:


1. Main Kasir-kasiran

Dengan permainan ini, anak akan belajar bahwa uang merupakan alat tukar. Misalnya, dalam permainan, anak ingin membeli sayur-sayuran, maka anak harus memberikan uang kepada Anda (sebagai kasir) atau kebalikannya.


2. Belanja ke Supermarket

Sambil mengajak anak ke supermarket, kenalkan uang sebagai alat tukar untuk benda-benda kesukaannya, seperti cokelat atau mainan, bahwa segala barang ada harga atau nominalnya. Anda bisa menjelaskan bahwa tanpa uang, barang yang ia inginkan tak bisa keluar dari area supermarket.


3. Nabung Dulu, Baru Beli

Tanamkan kepada anak bahwa untuk mendapatkan yang ia sukai, perlu usaha. Misalnya, ketika anak melihat mainan yang ia sukai, jangan langsung membelinya, tapi ajak dan ajari anak menabung untuk dapat membeli mainan yang ia suka dari hasil tabungannya sendiri. Pada tahap ini anak juga akan belajar menunda kesenangan, menghargai proses menunggu, dan menikmati hasil dari usahanya.




[parenting.co.id]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar