6 Cara Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan Sayur


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Menurut data dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Upaya Kesehatan Masyarakat, sekitar 97 persen anak di bawah usia lima tahun di Indonesia tidak mengonsumsi cukup buah dan sayur. Salah satu penyebabnya karena anak susah makan sayur dan buah.

Padahal buah dan sayur adalah salah satu sumber nutrisi yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Bila asupan anak terhadap keduanya kurang, maka akan memengaruhi tumbuh kembangnya.

Anna Surti Ariani, S.Psi., psikolog anak dan keluarga dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia, memberikan kiat untuk mengatasi anak susah makan buah dan sayur. Berikut beberapa di antaranya:

  • Ceritakan dongeng tentang makanan. Bangkitkan selera makan anak dengan mendongeng tentang makanan yang lezat.
  • Buat anak lapar. Ajak anak bermain aktif sebelum waktu makan tiba, agar anak lapar pada jam makan.
  • Ajak anak memasak. Libatkan anak dalam proses memasak supaya dia tergoda untuk mencobanya.
  • Berikan alat makan lucu untuk anak. Alat makan yang lucu bisa membuat anak lebih bersemangat makan.
  • Tata makanan secara unik. Bentuklah makanan menjadi karya yang menggemaskan supaya dia lebih berselera makan.
  • Lakukan teknik psikologi yang keren. Ubahlah situasi membosankan menjadi proses makan yang menyenangkan, seperti:
    • Bujuklah anak sambil belajar membaca jam. Tunjukkan gerakan jarum panjang di jam dinding. Katakan kepada anak, "Saat jarum panjang di angka tiga, makan yuk."
    • Berikan anak pilihan cara makan. Anak bisa memilih sayur mana yang akan dimakan terlebih dahulu, atau siapa yang akan menemaninya makan.
    • Ajak anak berimajinasi dengan makanannya. Anak bisa diajak membayangkan makanannya sebagai mobil, robot, makanan yang memberikan kekuatan super, atau apa pun yang membuat anak senang.

"Penting bagi orangtua untuk memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan cara pemberian makan yang tepat bagi anak. Dengan demikian, makan buah dan sayur menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi anak," kata Anna di sela- sela acara Konferensi Pers Program Edukasi Kebiasaan Makan Sehat 2017, di Jakarta.

Selain itu, cara pemberian makan yang tepat dapat mendatangkan begitu banyak manfaat buat anak.

"Manfaat yang didapat di antaranya adalah mengurangi risiko obesitas, menstimulasi kemampuan berkonsentrasi, meningkatkan ketekunan, bahkan menjadi sarana belajar berbagai keterampilan sosial," lanjutnya.

Berbagai manfaat ini akan berkembang kurang optimal apabila cara pemberian anak kurang tepat. Contoh cara pemberiam makan yang kurang tepat adalah mencekoki anak, terus menyuapi anak dengan paksa, atau membiarkan anak makan sambil menonton televisi atau bermain.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi anak susah makan sayur dan buah yang bisa Anda coba. Jangan sampai anak kekurangan asupan buah dan sayur. Jika kekurangan asupan nutrisi, pertumbuhannya dapat terhambat dan anak pun sulit menyerap atau mempelajari hal baru.




[klikdokter.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar