Obat Demam Anak (Bagian 1)


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Obat demam anak adalah jenis obat yang harus selalu ada dalam kotak persediaan obat di rumah anda. Sebagai orang tua kita harus selalu bersiaga jikalau anak kita mendadak demam. Apalagi jika demam terjadi pada malam hari, tentu kita akan kesulitan jika kita tidak mempunyai persediaan obat demam. Memang saat ini sudah bertebaran apotek-apotek yang beroperasi 24 jam. Namun ini hanya ada di kota besar! Lagipula jika kita hanya sendiri, tentu sangat merepotkan jika harus mengajak anak membeli obat demam, apalagi sampai harus meninggalkannya di rumah sendirian sementara kita membeli obat di apotek.


PENGERTIAN DEMAM

Demam adalah suatu kondisi saat suhu tubuh kita mencapai 37°C atau lebih. Kondisi ini adalah mekanisme pertahanan tubuh saat terjadinya infeksi oleh bakteri atau virus. Peningkatan suhu tubuh juga bisa disebabkan oleh suatu penyakit atau terjadinya radang di salah satu bagian tubuh kita.

Demam seringkali bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari, namun bisa juga menjadi sangat serius. Demam berpotensi bahaya jika suhu tubuh menyentuh angka 39°C.

Penyebab demam bisa berbagai macam. Pasca imunisasi pneumokokus atau vaksin TB, bayi biasanya mengalami demam. Penyakit-penyakit infeksi oleh bakteri, virus atau parasit lain juga sering menimbulkan demam. Penyakit akibat gigitan nyamuk (seperti demam berdarah, malaria, dan chikungunya), penyakit kanker (misalnya leukimia, kanker hati, kanker payudara, atau kanker paru-paru), penyakit artritis dan hipertiroidisme juga menimbulkan terjadinya demam. Bahkan penggunaan obat-obatan seperti obat antihipertensi dan antidepresan terkadang juga bisa menimbulkan demam.


KAPAN ANAK MEMERLUKAN OBAT DEMAM?

Saat suhu tubuh anak anda berkisar antara 37°C-38°C, dia belum membutuhkan obat demam. Peningkatan suhu tubuh ini adalah sebuah mekanisme alami dari sel-sel antibodi tubuh untuk menetralisir serangan bakteri atau virus. Saat ini anda hanya perlu melakukan penanganan-penangan seperti berikut :
  • Memberikan pakaian yang tipis supaya memperlancar sirkulasi panas tubuh. Seringkali saat anak-anak demam, para orang tua memakaikan pakaian tebal ke anak-anaknya karena saat anak demam, tubuhnya terlihat menggigil. Namun hal ini justru menghambat sirkulasi panas dan memicu kenaikan suhu tubuh.
  • Lakukan kompres dengan air hangat. Bila memungkinkan mandikan dengan air hangat akan lebih baik. Hal ini akan membuka pori-pori kulit sehingga panas bisa keluar dari tubuh. Jangan menggunakan kompres dengan air dingin apalagi dengan es karena hal ini hanya menurunkan suhu sementara (hanya di tempat kompres) namun akan dengan segera memicu peningkatan suhu tubuh.
  • Berikan anak anda minum yang cukup. Bisa air putih atau minuman-minuman yang mengandung elektrolit. Air kelapa muda sangat baik diberikan untuk menurunkan suhu tubuh. Air kelapa muda juga mengandung banyak nutrisi yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Menurut rekomendasi WHO, obat penurun panas baru digunakan jika suhu tubuh lebih besar dari 38.5 °C (101,3 °F). Anda bisa menggunakan obat-obat penurun panas yang bisa didapatkan tanpa resep dokter di apotek atau di toko obat berijin.





[farmasiana.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar