10 Ketrampilan Sosial yang Wajib Dimiliki Anak


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Apakah kesuksesan seorang anak di masa depan ditentukan oleh prestasi akademik? Saya yakin jawaban Anda adalah 'tidak' atau 'belum tentu'. Ya, cerdas dalam pelajaran di sekolah bukan satu-satunya yang menjamin keberhasilan anak dalam kehidupannya.

Anak perlu mempelajari hal lain seiring dengan membaiknya prestasi belajar mereka. Itulah yang dinamakan ketrampilan sosial.

Sejumlah peneliti dan pemerhati masalah anak pun menyetujui hal ini. Beberapa penelitian menunjukkan ketrampilan sosial seperti kesadaran untuk mengantri, melakukan sesuatu untuk menyenangkan hati orang lain dan meminta tolong sama pentingnya dengan pelajaran Matematika dan IPA yang dipelajari anak di sekolah.

Bahkan, ketrampilan sosial berperan besar dalam upaya seorang anak untuk meraih prestasi akademik yang memuaskan.

Menurut Stephen Elliot, pengarang sekaligus peneliti di bidang psikologi dan pendidikan dari Vanderbilt Peabody, "Ini bukan berarti menguasai ketrampilan sosial membuat anak lebih cerdas. Namun ketrampilan sosial membuat anak lebih terbuka untuk mempelajari sesuatu."

Ia menambahkan, timnya juga menemukan bahwa pendidikan di Sekolah Dasar memerlukan adanya pengendalian dari dan kerja sama antara guru dan siswa.

Jika orang tua maupun guru bisa mendidik anak-anak untuk menguasai ketrampilan sosial ini, maka mereka dapat memaksimalkan waktu yang digunakan dan mengurangi kebiasaan yang mengacaukan fokus saat belajar.

Dalam buku yang berjudul The Social Skill Improvement System (SSIS) Classwide Intervention Program, Elliot dan rekan Frank Gesham mengidentifikasi 10 jenis ketrampilan sosial yang wajib dimiliki anak agar mencapai kegemilangan dalam hidup.

Daftar ini dibuat berdasarkan survei terhadap 8000 guru SD  pada tahun 2006 dan penelitian selama lebih dari 20 tahun di berbagai sekolah dasar di  Amerika Serikat.

Ke-10 ketrampilan sosial tersebut adalah:

  1. Kemampuan mendengarkan orang lain
  2. Mengikuti petunjuk
  3. Menaati peraturan
  4. Mengacuhkan gangguan
  5. Meminta bantuan
  6. Berbicara secara bergantian
  7. Berkumpul bersama orang lain (teman sebaya, saudara, dll.)
  8. Bersikap tenang ketika berada di tengah banyak orang (misalnya ketika tengah berada di mall, diundang ke sebuah acara keluarga, dll.)
  9. Bertanggung jawab atas segala tindakan
  10.  Melakukan hal baik untuk orang lain.


Apakah Bunda sudah mengajarkan anak-anak untuk menguasai ketrampilan sosial?




[id.theasianparent.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar