Melibatkan Anak dalam Aktivitas Dapur

Ilustrasi: sehatnatural.co.id

KB TKIT HARAPAN BUNDA
 – Bingung mau memberikan aktivitas apa lagi bagi anak yang tidak melibatkan gadget? Mungkin Bunda bisa mengajak putra-putri ke dapur. Ada banyak manfaatnya, lho, Bunda.

Misalnya saja, anak jadi lebih tereksplorasi sensoriknya. Lihat bagaimana dia mencoba mengaduk adonan, menata makanan jadi, bahkan menghirup aroma makanan yang sedang masak. Ini akan berguna untuk melatih gerakan tangan dan alat indranya.

Anak juga bisa mulai belajar mengikuti instruksi yang tersusun secara sistematis. Dalam memasak, tentu ada langkah-langkah yang tidak bisa dibolak-balik semaunya. Aktivitas memasak bisa menjadi sarana yang baik untuk mengenalkan pada anak akan keteraturan dan kedisiplinan dalam mengerjakan sesuatu.

Ada beberapa aktivitas yang berkaitan dengan dapur bagi anak-anak. Pertama, mengajak mereka belanja. Bunda bisa mengajak mereka ke pasar tradisional maupun modern, dan mengenalkan kepada mereka jenis-jenis bahan makanan yang ada. Dengan begini, Bunda bahkan tidak harus membeli semua jenis makanan, tetapi sekaligus menambah pengetahuan dan kosa kata anak terhadap bahan-bahan makanan.

Kedua, mengajak anak menyiapkan makanan. Misalnya, ketika membuat kue, anak mulai dilibatkan dalam menuang tepung, membentuk kue dengan bentuk yang favoritnya, kemudian menaburkan toping ke atasnya.

Ketiga, mengajak mereka membersihkan dapur. Mulai dari hal-hal yang ringan seperti membawa sendok ke tempat cuci piring, atau sekalian mencucinya. Untuk anak yang lebih besar, mereka bisa diajak membersihkan meja dan menyapu remah-remah yang ada. Ini sekaligus untuk mengajarkan kebersihan pada anak.

Yang jelas, biasanya anak lebih tertarik makan hasil masakan sendiri, lho, Bunda. Jadi anak yang biasanya malas makan pun kali ini bisa menikmatinya dengan lahap.
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar