Aneka Kegiatan Balita Menyambut Hari Kemerdekaan RI


KB TKIT HARAPAN BUNDA – 17 Agustus menjadi hari istimewa bagi seluruh rakyat Indonesia. Hari Indonesia merdeka. Berbagai kemeriahan menyambut hari ulang tahun kemerdekaan pun digelar. Ajak balita untuk ikut merayakannya dengan berbagai kegiatan.

Tujuh belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka

Penggalan lirik lagu Hari Merdeka karya H. Mutahar ini seolah mengajak kita untuk selalu mengenang hari di mana negara kita merdeka dan bebas dari penjajahan. Lagu yang selalu dinyanyikan dengan penuh semangat di setiap tanggal 17 Agustus ini menunjukkan betapa bahagia dan antusiasnya seluruh rakyat Indonesia menyambut hari ulang tahun kemerdekaan bangsanya.

Tak hanya lagu Hari Merdeka ini yang identik dengan perayaan ulang tahun kemerdekaan RI, namun berbagai perayaan lain pun dilakukan oleh warga masyarakat. Aneka bentuk perayaan hari kemerdekaan Indonesia menjadi pernak-pernik yang begitu meriah. Mulai dari aneka perlombaan yang digelar untuk anak-anak hingga dewasa, bendera merah putih yang berkibar di setiap rumah warga, kerja bakti membersihkan desa untuk menyambut hari kemerdekaan, pentas seni, karnaval, syukuran, hingga puncaknya upacara bendera.

Aneka bentuk perayaan dan kemeriahan menyambut hari kemerdekaan ini juga disambut gembira oleh anak-anak. Apalagi jika setiap tahunnya ia tak pernah absen mengikuti berbagai perlombaan.

Bagaimana dengan balita ibu? Meski masih balita, ibu bisa mengajaknya ikut berpartisipasi dalam merayakan kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan, jika ia dikenalkan berpartisipasi sejak dini, ia yang masih kecil pun akan belajar memahami bahwa bangsanya sedang merayakan hari ulang tahunnya dengan berbagai kegiatan yang dilakukan masyarakat. Tak jarang jika rasa keingintahuannya tentang hari kemerdekaan, mengapa dirayakan dengan aneka perlombaan, karnaval, dan upacara pun bisa muncul kapan saja. Anda sebagai orangtuanya harus siap memberikan jawaban sederhana yang bisa memberikan pemahaman kepada anak tentang hal tersebut.

Beberapa kegiatan menyambut Hari Kemerdekaan RI bisa diikuti oleh balita Anda. Berikut ini adalah aneka kegiatan perayaan kemerdekaan 17 Agustus yang bisa diikutinya.


Aneka Perlombaan

Menjelang hari kemerdekaan, yakni 17 Agustus, biasanya banyak sekali perlombaan yang digelar oleh karangtaruna tingkat desa maupun RT. Perlombaan yang sesuai untuk balita Anda misalnya, lari kelereng, pukul air, lari karung, menggambar, mewarnai, makan kerupuk, joget, memasukkan bola di keranjang, dan lain-lain. Anda bisa mengikutsertakan anak sesuai dengan minatnya. Selain bakatnya terasah, dalam perlombaan ini anak akan belajar untuk menjadi pribadi sportif. Ia pun akan merasakan asyiknya berkompetisi dan kerja keras dalam berusaha. Sebaiknya, jangan paksa anak untuk mengikuti jenis perlombaan tertentu jika ia memang tidak suka.


Pentas Seni

Pentas seni biasanya digelar dengan menampilkan berbagai kesenian serta menjadi momen untuk pembagian hadiah. Ibu bisa mendaftarkan anak ibu ke panitia atau karangtaruna untuk ikut ambil bagian dalam menampilkan kesenian yang dikuasainya. Mungkin anak ibu suka menari, menyayi, atau membaca puisi. Bakatnya bisa diasah dengan tampil di acara pentas seni. Dengan ikut berpartisipasi di dalamnya, selain ikut memeriahkan, anak Anda pun tentu akan belajar berani tampil di depan umum dan percaya diri. Latih anak ibu sebelum hari pentas seni digelar supaya ia bisa tampil dengan maksimal. Pasti Anda akan bangga padanya.


Karnaval

Perayaan hari kemerdekaan Indonesia juga identik dengan karnaval. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan pawai beramai-ramai dari suatu tempat ke tempat lain yang telah ditentukan oleh panitia. Pesertanya biasanya menggunakan aneka kostum tertentu. Balita Anda pun bisa berpartisipasi memeriahkannya. Berbagai contoh kostum karnaval balita misalnya, kostum profesi misalnya dokter, polisi, angkatan laut; kostum pakaian adat, hingga kostum kesenian tradisional. Hal ini menunjukkan adanya keragaman budaya, suku, profesi, namun tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Balita Anda pun bisa mengambil banyak pengalaman dari keikutsertaannya dalam karnaval tersebut.


Memasang Bendera

Memasang bendera di rumah bisa ibu lakukan bersama balita. Pilih bendera kecil-kecil dan ajak si kecil merangkainya sebelum dipasang. Beri tahu anak mengapa menjelang HUT Kemerdekaan RI setiap warga harus memasang bendera. Dengan begitu, ia pun akan belajar memaknai hari kemerdekaan dan mencintai negaranya.


Melihat Upacara Bendera di Televisi

Mengajak anak untuk melihat upacara bendera di televisi bisa dilakukan. Tentu saja, karena balita belum ikut dalam upacara bendera. Tunggu berbagai pertanyaan sebagai wujud keingintahuannya saat melihat upacara di televisi tersebut. Bisa juga ibu merangsangnya dengan berbagai pertanyaan, misalnya, "Dik, tahu nggak kenapa ada suara sirine saat upacara?" Kalau ia tidak tahu, ibu bisa menjelaskan, pasti banyak lagi pertanyaan-pertanyaan sebagai wujud rasa ingin tahunya.


Nah, anak ibu yang masih balita pun ternyata sudah bisa berpartisipasi dalam merayakan ulang tahun kemerdekaan negaranya bukan? Kalau balita Anda melakukan kegiatan positif demi tanah airnya, kenapa tidak didukung? Yuk, menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia bersama si kecil!




[ibudanmama.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar