Apa Benar Minum Es Bikin Anak Sakit?


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Cuaca terik seperti saat ini memang bikin orang, termasuk si balita, ingin langsung minum yang dingin-dingin. Dan biasanya, kalau si kecil minta minum es, banyak orang tua melarang, karena khawatir menyebabkan ia sakit. Tetapi, apa memang benar begitu?

Jawabannya, iya dan tidak.

Kalau si kecil minum es dalam kondisi badan tidak sehat, dan dalam jumlah berlebihan, ia memang bisa terserang pilek, hidung tersumbat, dan radang tenggorokan.

Hal itu karena, infeksi salurang pernapasan pada anak, seperti hidung tersumbat, pilek, dan radang tenggorokan, baru akan muncul, bila daya tahan saluran pernapasan terhadap udara dingin atau rendah menurun.

Tetapi kalau si kecil dalam kondisi yang sehat, maka es yang ia minum tidak akan menyebabkan ia pilek. Tentu saja, jangan sampai berlebihan juga es yang ia minum, ya, Ma.

Nah, saat si kecil terserang pilek, Anda perlu membatasi konsumsinya dari beberapa minuman dan makanan ini:
  • Minuman dan makanan yang menimbulkan gas, yakni kol, lobak, nangka, ubi jalar, dan minuman ringan atau berkarbonasi.
  • Tape ketan, kopi, dan teh kental, karena dapat merangsang pengeluaran asam lambung.
  • Minuman yang mengandung santan dan gula.
  • Minuman manis, terutama untuk teman makan utama. Sebaiknya, pilih air putih saja. Minuman manis justru bisa membuat si kecil semakin haus, dan dalam jumlah banyak.



[parenting.co.id]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar