Anak Anda Autis? Ini Dia 7 Solusinya


KB TKIT HARAPAN BUNDA – Pertama, pelatihan keterampilan sosial. Hal ini mengajarkan seseorang dengan autis untuk berinteraksi dengan orang lain. Orangtua dapat mencontohkan perilaku baik untuk anak-anak mereka dan mengajari mereka bagaimana untuk mengenali petunjuk sosial.

Kedua, tejrapi perilaku. Hal ini dapat membantu memangkas ketertarikan obsesif, problematika emosional, perilaku dan kebiasaan berulang.

Ketiga, terapi berbicara. Hal ini membantu para penderita autis yang memiliki kesulitan dengan gaya berbicara atau percakapan mereka.

Keempat, terapi okupasi. Hal ini sangat membantu mereka yang memiliki kesulitan dengan koordinasi otot-otot kecil, seperti otot-otot di tangan. Hal ini juga membantu saat terpapar suara atau tekstur yang terutama mengganggu seorang dengan ASD.

Kelima, terapi fisik. Hal ini membantu penderita autisme dengan koordinasi otot-otot yang besar yang buruk. Berpartisipasi di dalam aktivitas fisik, seperti menari, senam, martial arts juga dapat membantu.

Keenam, pelatihan dan dukungan keluarga. Hal ini membantu anggota keluarga belajar bagaimana untuk mengatasi perilaku dan beradaptasi dengan tantangan lainnya. Anak-anak dan remaja yang lebih tua merasa sedih saat menyadari bahwa mereka berbeda karena penyakitnya. Orangtua sebaiknya perlu berempati kepada anak-anak bila hal ini terjadi. Dukungan keluarga dapat amat membantu.

Ketujuh, terapi medis, termasuk sel punca. Obat dapat membantu penderita autis yang mengalami depresi atau cemas. Obat juga dapat digunakan untuk mengatasi problematika hiperaktivitas. Kejang-kejang juga dapat diterapi dengan obat. Terapi sel punca sedang dalam pengembangan untuk dapat diaplikasikan pada penderita autis. (dr. Dito Anurogo)




[ummi-online.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar