Mengatasi Kakak dan Adik yang Sering Bertengkar

KB TKIT HARAPAN BUNDA - Sudah menjadi permasalahan yang umum apabila kakak dan adik yang mempunyai selisih umur yang tidak terlalu jauh seringkali bertengkar. Pertengkaran mereka bisa dipicu dari rebutan mainan atau hanya berselisih paham mengenai chanel TV favorit. Hal ini jelas membuat anda kerepotan bahkan lama-lama membuat orang tua stres hingga berujung depresi, untuk mengatasi tersebut sebaiknya anda tidak berpihak pada kakanya atau adiknya, sebaiknya juga anda sebagai orang tua dapat berpikir dengan kepala dingin.

Seringkali pemicu pertengkaran antara kakak dan adik hanya masalah-masalah ringan akan tetapi hal tersebut seringkali terulang kembali dalam mengatasi pertengkaran pada kakak dan adik sebaiknya anda mengetahui penyebab-penyebab yang dapat menyebabkan mereka bertengkar seperti perlakuan yang berbeda dari orang tua pada adiknya sehingga kakak merasakan kecemburuan sosial. Selanjutnya adalah pemicu pertengkaran antara kakak dan adik dapat dipicu karena pertengkaran untuk mencari perhatian dari orang tuanya. Hal yang paling umum dalam pertengkaran kakak dan adik adalah saling berebut mainan dan bercanda saling ledek. Cara melerai kakak dan adik yang sering kali bertengkar memang membutuhkan kesabaran. Bahkan ketika anda melerai mereka, seringkali anda meninggalkan beberapa tugas rumah dan akhirnya terbengkalai.

Berikut adalah cara mengatasi kakak dan adik sekandung yang sering kali bertengkar.


1. Hindari Emosi

Sebaiknya anda berpikir dengan kepala dingin dalam menghadapi kakak dan adik yang sering bertengkar. Hindari emosi yang berlebih pada salah satu anak anda dikarenakan akan membuatnya merasakan kecemburuan sosial, anda dapat mengamati pertengkaran mereka dengan cara obejktif. Pertengkaran yang terjadi pada kakak dan adik ini tidak akan berlangsung lama biasanya akan kembali akrab hanya dalam hitungan beberapa menit saja.


2. Hindari menjadi penonton

Sebaiknya orang tua menghindari untuk menjadi penonton dikarenakan pertengkaran kakak dan adik sering kali dipicu untuk mendapatkan perhatian anda, semakin anda menontonnya semakin lama pertengkaran diantara kakak dan adik tersebut. Anda dapat meninggalkan ruangan dan anak anda dapat menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa pembelaan dari anda pada salah satu anak anda.


3. Berikan solusi di waktu yang tepat

Ketika kakak dan adik bertengkar sebaiknya amati terlebih dahulu pertengkaran mereka. Ketika anda telah menemukan permasalahan anda dapat memberikan solusi yang terbaik seperti misalnya ketika kakak sedang bermain mobil-mobilan dan adik menginginkan benda yang sama anda dapat memberikan waktu untuk bergantian menggunakan mainan tersebut.


4. Ajarkan Cara Bernegosiasi

Pertama tama anda dapat mengajarkan mereka duduk disamping kanan dan kiri anda kemudian selesaikan permasalahannya dibantu oleh anda. Pada usia yang semakin bertambah anda dapat mengajarkan kakak dan adik untuk menyelesaikannya sendiri anda dapat berperan sebagai moderatornya


5. Alihkan perhatian

Ketika mereka sedang bertengkar anda dapat mengalihkan perhatian mereka dengan meminta bantuan dan mengerjakan suatu hal sehingga mereka melupakan pertengkaran tersebut

Dengan demikian bagi anda yang seringkali mengalami permasalahan mengenai pola asuh anak apalagi seringkali bertengkar maka sebaiknya anda memberikan pujian baik mereka misalnya ketika mereka saling memaafkan dan mendapatkan solusi setelah terjadinya pertengkaran.



Sumber: bidanku.com
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar