7 Tips Anak Tetap Fit Saat Puasa

Ilustrasi: Psikologi Anak
KB TKIT HARAPAN BUNDA - Saat anak berpuasa, biasanya ia tampak lemas dan tidak bersemangat. Meski demikian, bukan berarti anak-anak tak boleh berpuasa. Orangtua bisa mulai mengajarkan puasa secara bertahap. Misalnya, puasa sampai jam makan siang, lalu dilanjutkan hingga azan magrib berkumandang.

Tapi, bagaimana jika anak sudah menjalankan puasa secara penuh? Pasalnya, anak-anak tetap memerlukan asupan nutrisi secara optimal dan beraktivitas seperti hari biasa. 
Nah, berikut ini beberapa tips supaya anak tetap fit selama berpuasa:
  1. Saat sahur, pilihlah menu seperti makanan yang kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan dan memiliki indeks glikemik rendah (yang dapat mempertahankan kadar gula darah stabil lebih lama dalam darah) seperti jenis karbohidrat seperti oatmeal atau mengganti beras putih dengan beras merah. 
  2. Biasakan anak meminum air putih saat sahur supaya tidak dehidrasi saat berpuasa.
  3. Usahakan selalu ada menu berkuah seperti sup untuk menambah asupan cairan. 
  4. Hindari makanan pedas, minuman bersoda yang bisa menaikkan kadar asam lambung dan membuat anak terkena sakit maag (gastritis) serta hindari makanan yang terlalu asin dan mengandung bumbu penyedap rasa karena dapat meningkatkan rasa haus.
  5. Meski sahur berguna sebagai “bensin” dalam menjalankan puasa, tapi usahakan agar anak tidak makan berlebihan agar ia tidak kembung dan terlalu kenyang.
  6. Saat berbuka, awali dengan makanan manis dengan porsi yang pas supaya kekurangan glukosa saat puasa bisa terpenuhi. Misalnya, sebutir kurma atau teh manis hangat.
  7. Meski lapar, ajarkan anak agar tidak menuruti hawa nafsu dengan berbuka secukupnya saja supaya sistem pencernaan tidak “kaget”.


Nah, semoga dengan tips-tips di atas, anak Anda dapat tetap fit dalam menjalani aktivitasnya walaupun berpuasa. Oh ya, jangan lupa libatkan anak dalam memilih menu makanan berbuka agar lebih semangat menjalani puasa.


Sumber: Meet Doctor
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar