3 Ide Bermain dan Belajar dengan Anak

Jangan anggap enteng acara bermain untuk anak, Ma. Bagi anak, bermain sebetulnya adalah saat ia ‘belajar’. Melalui mainan atau permainan, anak mengeksplorasi dunia di sekelilingnya. Jadi, usahakan acara bermainnya selalu berkualitas, dan mampu menunjang pertumbuhan dan perkembangannya secara optimal. Berikut ini adalah beberapa ide permainan yang seru yang bisa Anda lakukan bersama anak:

PESTA API UNGGUN
Selubungi gantungan handuk dengan selimut, dan bersikaplah seolah itu adalah tenda yang indah. Anda bisa berpura-pura membuat api unggun di luar tenda tersebut, dan mengajak ia bernyanyi, sambil menari-nari di sekeliling api unggun. Wah, Anda dan anak Anda serasa menjadi suku Indian di Amerika!

LAUTAN PETUALANGAN
Ubahlah tempat tidur anak menjadi lautan yang bergelombang. Caranya? Gerak-gerakkan bedcover-nya dengan tangan Anda. Si tiga tahun Anda bisa berpura-pura menjadi kura-kura yang berenang lambat, atau hiu yang berenang gesit dan siap menyerang mangsanya. Ia juga bisa menjadi ikan biasa yang mondar-mandir, sambil memamerkan ekor warna-warninya yang indah (ikat saja beberapa syal Anda di kakinya).

PETA HARTA KARUN
Masukkan uang-uang logam ke kantung, dan sembunyikan di suatu tempat di dalam rumah. Buatlah peta menuju ke tempat ‘harta karun’ tersebut tersembunyi. Lengkapi dengan beberapa rintangan, sebelum akhirnya ia bisa mencapai tempat harta karun. Akan lebih seru lagi kalau peta itu Anda sembunyikan dahulu agar ia heboh mencarinya lebih dahulu. Mengajak kakak atau beberapa teman si kecil untuk melakukan permainan ini akan membuat suasana bertambah seru dan menyenangkan. Selain ketiga permainan itu, sebenarnya masih ada berbagai permainan lain yang tetap seru, seperti petak umpet, perang bantal, pesta gelembung, membuat ‘sejuta’ burung dari origami lalu menggantungkannya di berbagai tempat di rumah, mewarnai, dll. Intinya, selalu ciptakan permainan kreatif bagi si kecil, Ma. Dengan begitu, ia tak henti belajar dari mainan atau permainan apa pun yang ia lakukan, baik sendiri maupun bersama orang lain. Dunia anak adalah dunia bermain. Ia pasti selalu menantikan saat-saat ini.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar