4 Ruangan Bebas Gadget

Anak zaman sekarang cenderung sulit dilarang atau dijauhkan dari gadget. Namun, bukan berarti mereka bisa bebas menggunakannya di mana saja dan kapan pun. Selama di rumah, Mama dan Papa perlu membuat peraturan, ruangan mana saja yang harus bebas dari gadget. Untuk memutus hubungan anak dengan gadget, menurut Putu P. D. Andani, Mpsi, Psi., co-founder dan psikolog Tiga Generasi, “Sebaiknya perbaiki dahulu kebiasaan Anda ber-gadget karena anak akan membandingkan aturan dengan konsistensi Anda. Selain itu, ciptakan aktivitas seru bersama keluarga agar anak tak melulu sibuk dengan gadget-nya,” ujar Putu. Ini ruangan di rumah yang harus bebas gadget, menurut Putu:

1.  RUANG KELUARGA
Tak harus bersih gadget sama sekali, tetapi anak tak boleh menggunakan gadget secara sembunyi-sembunyi atau membelakangi Anda. Beri tahu bahwa ia perlu menanamkan kepercayaan kepada orang tua dalam menggunakan gadget agar Anda dapat memberi ia informasi yang dibutuhkan. Saat akhir pekan, Anda dan anak yang sedang melakukan bonding time sebaiknya menyingkirkan dahulu gadget masing-masing. Dan jika ada pekerjaan yang mengharuskan Anda menggunakan gadget,jelaskan kepada anak bahwa itu untuk bekerja, bukan bermain.

2. KAMAR ANAK
Gadget harus dalam kondisi off begitu masuk waktu istirahat atau belajar. Di luar jam itu, anak bisa menggunakan gadget untuk menelepon atau bermain, tetapi batasi cukup 10 menit agar ia tak terbiasa menyendiri di kamar. “Sebaiknya jangan letakkan gadget di sini agar ia tetap berinteraksi dengan anggota keluarga lain,” ujar Putu.

3. MEJA MAKAN
Area ini benar-benar harus bersih dari gadget. Manfaatkan saat sarapan, yang jadi bonding time kebanyakan keluarga urban, untuk menanyakan perkembangan kehidupan anak. Aturan bebas gadget juga berlaku untuk orang tua, lho, pesan Putu.

4. KAMAR ORANG TUA
Selama anak masih bangun, meski Anda berada di kamar sekalipun, sebaiknya gadget selalu dalam keadaan silent. Gunakan kesempatan itu juga untuk berinteraksi sebanyak mungkin dengan anak. Baru setelah ia tidur, Anda bebas menggunakan gadget, tentu dengan kesepakatan terlebih dahulu antara Anda dan pasangan.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar