Mengasah Kecerdasan Tubuh Anak

Bukan hanya otak yang cerdas, tubuh pun bisa ‘cerdas’. Hal itu tercermin dari kemampuan anak menggunakan tubuh untuk mengekspresikan diri dan menunjukkan keterampilan yang bisa ia lakukan. Entah itu berjalan, berlari, atau melakukan gerakan tubuh lain.

Walau terlihat mudah, menurut Thomas Armstrong, Phd., penulis buku You’re Smarter Than You Think, gerakan tubuh membutuhkan koordinasi yang cepat dan teliti antara saraf, otot, sendi, dan bagian tubuh yang lain sesuai perintah otak. Nah, fakta bahwa tubuh bisa melaksanakan perintah otak dengan cepat ketika diminta itulah yang membuktikan bahwa tubuh
juga cerdas.

Mengapa anak perlu mengasah kecerdasan tubuh? Selain agar ia mampu melakukan banyak hal, kecerdasan tubuh juga penting untuk mengekspresikan diri. Ketika anak memiliki keterampilan tangan, misalnya, ia bisa melakukan banyak hal, mulai dari menggambar, bermain musik, atau membuat burung dari kertas lipat.

Untuk mengasah kecerdasan tubuhnya, Anda bisa mendorong anak melakukan beragam permainan, terutama yang bersifat kompetitif. Berenang, lari, senam, basket, sepak bola, tenis, yoga, atau bahkan jalan cepat dan naik sepeda, akan mengasah kepintaran tubuhnya. Biarkan ia memilih permainan atau olahraga yang paling ia sukai agar benar-benar menikmati apa yang ia lakukan.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar