Usia Ideal Anak Masuk TK

Harapan Bunda Semarang - Tanya:
Kenapa setiap TK mensyaratkan usia minimal yang berbeda-beda untuk anak yang akan masuk TK kecil? Tahun ajaran depan, anak saya akan berusia 3,7 tahun. Saya ingin anak saya masuk TK kecil, meski kemungkinan ia akan menjadi murid termuda di sana. Menurut saya, lebih baik ia menjadi murid termuda di antara teman-teman sekelasnya dibanding ia menjadi murid tertua jika saya menunda memasukkannya ke TK 1 tahun lagi. Benarkah keputusan saya itu?

— Rosalia Triwahyuni, Cimahi

Jawab:
Sebenarnya, usia TK menurut UU Permendiknas no 146 adalah minimal 4 tahun. Namun, seperti yang Mama sebutkan, ada beberapa sekolah atau lembaga PAUD yang memiliki kriteria dan program sendiri dalam menerima peserta didik berusia di bawah 4 tahun. Tapi biasanya sekolah atau lembaga ini menyertakan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi anak jika tetap ingin masuk TK kecil pada usia 3,7 tahun.

Misalnya, kemampuan berkomunikasi, bersosialisasi dengan orang dewasa dan teman sebaya, kemampuan motorik yang sudah berkembang baik, dan persyaratan lainya. Idealnya, jika anak baru berusia 3,7 tahun, ia memang seharusnya masuk ke kelas persiapan atau play group. Mama tak perlu khawatir anak akan menjadi murid tertua di antara teman-teman sekelasnya, karena sebenarnya setiap sekolah memiliki level atau kelompok belajar yang sesuai usianya.

Narasumber: Sri Maryani, S.Pd,
Kepala KB-TK Istiqamah Bandung
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar