Saat Flu Menyerang

Harapan Bunda Semarang - Virus flu (baik common cold maupun influenza) menyebar melalui udara saat penderita bersin atau batuk. Atau bisa juga menular saat kita menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus lalu menyentuh hidung atau mulut. Berhubung sangat mudah menular, saat Anda atau anak terkena flu, salah satu hal yang harus diupayakan adalah mencegah penularan ke orang lain.

“Tergantung dari berat-ringannya gejala, boleh istirahat di rumah selama 1-2 hari. Biasanya nggak perlu istirahat di rumah sampai sembuh total. Tapi usahakan agar tidak menulari orang lain, jadi gunakan masker, dan cuci tangan dengan sabun setelah Anda menggunakan tangan untuk membersihkan hidung atau menutup mulut saat bersin dan batuk,” saran dr. Puspa Aria dari RS St. Elisabeth Lela, Flores, NTT.

Daripada menggunakan tangan, lebih baik gunakan lengan atau lekuk siku Anda untuk menutup mulut saat batuk dan bersin. Alasannya, kita hampir tidak pernah menyentuh benda dan orang lain dengan lengan sehingga penyebaran virus bisa diminimalkan saat tangan Anda atau anak menyentuh berbagai benda.

Pastikan Anda atau anak yang terkena flu cukup istirahat dan cukup asupan cairan. Banyak minum akan membantu mengurangi rasa sakit tenggorokan yang teriritasi akibat batuk, mencairkan lendir seperti dahak dan ingus serta menghindarkan dari dehidrasi (misalnya karena banyak keringat akibat demam). Segera ke dokter jika gejala-gejala tak juga membaik.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar