Waktu Tidur Ideal untuk Anak

Anak perlu banyak bergerak aktif, namun, di sisi lain, anak juga perlu istirahat yang cukup dan berkualitas. Bayi yang baru lahir memerlukan minimal 16 jam per hari, dengan hingga 4 kali tidur pendek di pagi/ siang/ sore, dan tidur yang lebih panjang di malam hari. Usia 3 bulan, paling tidak dia harus tidur total selama 13 jam perhari, dengan 3 kali tidur pendek. Saat usia setahun, dia perlu minimal 12 jam perhari dengan sekali tidur siang. Kebutuhan tidur anak-anak yang lebih besar akan berkurang lagi, tetapi sebaiknya, saat sudah masuk usia sekolah, jumlah waktu tidur tidak kurang dari 9 jam.

Tidur yang cukup bermanfaat bagi pertumbuhan fisik, emosi, dan kecerdasan anak. Tidur berperan penting dalam pertumbuhan otot, tulang, kulit, dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Di samping itu, tidur yang cukup berpengaruh terhadap perkembangan otak, karena saat tidur, otak anak bekerja mengolah data-data.

Anak yang cukup tidurnya juga cenderung lebih bahagia, tidak mudah rewel. Dan, tahukah Anda, tidur cukup juga menghindarkan anak dari obesitas (rasa lelah meningkatkan hormon nafsu makan) dan tinggi badannya cenderung lebih mudah mencapai puncak optimal. Karena itu, penuhi kebutuhan tidurnya.

Agar si kecil mudah lelap, ciptakan rutinitas tidur terutama pada balita. Pastikan anak memiliki jadwal bangun dan tidur yang sama, ciptakan ritual seperti mandi air hangat, pijat, dan dibacakan dongeng sebelum tidur. Buat suasana kamar yang nyaman dengan cahaya lampu temaram. Hindarkan menonton acara TV yang menegangkan sesaat sebelum tidur, karena ini bisa menyebabkan anak sulit tidur.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar