Kesalahan Ini Sering Dilakukan Mama Saat Beli Sepatu Anak

Harapan Bunda Semarang - Masa pakai sepatu anak-anak memang tergolong sebentar, karena kaki mereka masih dalam pertumbuhan. Sering kali Anda harus membelikan lagi anak sepatu baru karena sepatunya yang lama sudah kesempitan, padahal masih bagus dan baru beberapa bulan lalu Anda beli. Meski demikian, jangan tergoda membeli sepatu yang berukuran lebih besar agar bisa lebih tahan lama, ya, Ma.

Sepatu yang kebesaran malah akan menghambat proses anak belajar berjalan karena ia merasa kurang nyaman, bahkan mengalami lecet pada bagian kaki. Mungkin saja ia tidak mengeluhkan rasa sakitnya, karena tidak terlalu parah, padahal ukuran kakinya sudah tak pas lagi dengan sepatunya. Oleh karena itu, usahakan mengecek ukuran kaki anak setiap bulan untuk mengetahui apakah ukuran sepatunya masih cocok atau tidak. Pastikan kakinya tidak terlalu tepat berada di ujung sepatu. Umumnya, Anda memang harus membelikan anak batita sepatu baru setiap empat bulan sekali, sementara si 4 tahun hingga 8 tahun setiap 6-8 bulan sekali.

Pengeluaran untuk membeli sepatu anak jadi bertambah? Bisa diakali, kok, Ma. Misalnya, Anda dapat membeli sepatu saat musim diskon, seperti event Jakarta Great Sale, menjelang hari raya, atau di factory outlet. Yang penting, pastikan kualitas sepatu anak yang Anda beli masih baik, tidak ada bagian yang terkelupas atau terlepas perekatnya. Selain itu, pilih sepatu dengan sol yang terbuat dari bahan fleksibel dan tidak licin agar anak tidak mudah terpeleset karena sepatu mampu mencengkeram lantai dengan baik. Pilih juga sepatu berbahan kulit atau kain yang lembut agar bisa membentuk ventilasi udara yang baik, dan tidak menghambat perkembangan kaki si kecil.

Sepatu lama si kakak masih bagus? Sebaiknya jangan diwariskan kepada si adik, Ma. Sepatu umumnya selalu menyesuaikan dan mengikuti bentuk kaki si pemakainya. Jika kebetulan si kakak punya masalah dengan kakinya, si adik yang memakai sepatu bekas kakak mungkin akan mulai mengalami masalah yang sama dengan kakaknya.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar