Hati-hati Beli Mainan Murah untuk Anak

Harapan Bunda Semarang - Meski hanya mainan anak, banyak sekali bahaya yang bisa ditimbulkan, mulai dari bahaya kesehatan hingga keselamatan anak, jika Anda tak jeli dalam memilihkan mainan untuk anak. Apalagi, karena semata-mata harga mainan tersebut murah, Ma. Mungkin Anda berpikir, toh, hanya mainan. Padahal, menurut catatan Asosiasi Importir dan Distributor Mainan Indonesia (AIMI), masih marak peredaran mainan anak beracun dan berbahaya di Indonesia.

Hasil uji laboratorium yang dilakukan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia pada 2011 terhadap mainan-mainan yang beredar di pasar tradisional menemukan kandungan logam yang bervariasi, mulai dari plumbum, hidrargirum, chromium, hingga cadmium, yang sangat berbahaya bagi kesehatan anak.  Pemerintah Indonesia memang sudah memberlakukan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk mainan mulai April 2014. Menurut SNI, mainan termasuk aman jika tidak mengandung bahan beracun berbahaya dan tidak tajam. Selain itu, kalau mainan terdiri dari banyak bagian, maka harus disertai dengan petunjuk yang jelas.

Meski demikian, Andalah yang harus jeli dalam memilih mainan yang aman untuk anak, Ma. Cermati setiap informasi yang tertera pada kemasan mainan sebelum memutuskan untuk membelinya, antara lain:
1. Peringatan tertulis mengenai bahaya yang dapat ditimbulkan oleh mainan tersebut, seperti bahaya tertelan untuk bagian yang terkecil.
2. Informasi mengenai usia anak yang cocok (batas minimum dan maksimum usia) memainkan mainan tersebut.
3. Ada juga pencantuman simbol-simbol standardisasi internasional, seperti EN71, CE, ASTM dan sebagainya.
4. Tertulis produsen mainan tersebut, lengkap dengan informasi alamat dan nomor telepon layanan pelanggan. 
Sumber : www.parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar