Anak Sakit Ketika Masuk Daycare

Harapan Bunda Semarang - Tanya:
Saya baru memasukkan anak saya (4 tahun) ke daycare. Entah kenapa, hari-hari pertamanya di daycare diwarnai dengan keluhan sakit perut setiap pagi, kadang disertai diare, bahkan muntah. Karena khawatir ia tak cocok/alergi dengan makanan di daycare, saya memeriksakannya ke dokter. Tak ditemukan masalah alergi ataupun intoleransi zat tertentu. Adakah tes kesehatan lain yang perlu dilakukan anak saya? -Amelia, Tangerang

Jawab:
Ma, syukurlah tidak ada masalah kesehatan yang ditemukan pada anak Anda berkaitan dengan keluhan di perutnya. Kemudian, apakah Mama sudah pernah mencoba bercakap-cakap dengan anak mengenai hari-harinya di daycare? Sakit perut pada anak dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya aspek psikologis. Anak yang mengalami suasana yang baru seperti pindah rumah, pindah sekolah, atau memulai kegiatan di tempat yang sama sekali baru, pada sebagian anak dapat menimbulkan stres atau tekanan tertentu. Gejala yang ditimbulkan bervariasi, di antaranya sakit perut, diare, dan muntah seperti yang dialami anak Anda.

Mama bisa berkonsultasi dengan dokter gastroenterologi (saluran cerna) anak untuk memeriksa lebih detail mengenai masalah di saluran cernanya. Saat pemeriksaan, mungkin diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti USG. Apabila semua baik hasilnya, dokter bisa menyarankan untuk berkonsultasi ke ahli lain, seperti psikolog untuk mencari penyebab lain.

Konsultan:
Dr. Ariani Dewi Widodo, SpA
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar