Anak Demam Tinggi, Kapan Perlu Minum Obat?

Harapan Bunda Semarang - Suhu tubuh anak mencapai 39 derajat Celsius ketika demam? Tak usah panik, Ma. Tingginya suhu tubuh anak tak selalu berbanding lurus dengan keparahan penyakitnya, kok. Anak dengan suhu tubuh 38,8 derajat Celsius bisa saja merasa nyaman dan tetap aktif bermain di kasur, sementara anak lain yang suhu tubuhnya 37,9 derajat Celsius sudah rewel dan tampak lesu.

Apakah ini berarti anak yang tampak nyaman, meski demam tinggi, tidak perlu obat penurun demam? Ya, demikian menurut dokter anak dan juru bicara Ikatan Pediatrik AS, Janice Sullivan. Atasi gejala yang dirasakan anak, bukannya berusaha menurunkan suhu tubuhnya.

"Atasi ketidaknyamanan anak, bukan demamnya. Ingat, demam justru membantu tubuh anak melawan penyakit," kata Sullivan. Jadi, jangan terlalu fokus dengan naik-turunnya suhu tubuh anak. Yang harus Anda perhatikan adalah gejala dan perilakunya, karena itulah yang sebenarnya menunjukkan berat-ringannya penyakit. Waspada, jika anak tampak kelelahan, mengantuk, dan kurang aktif. Itu semua adalah indikator yang lebih tepat dibandingkan suhu tubuhnya yang tercantum di termometer.
Sumber : www.parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar