Hati-hati Minum Obat Pakai Sendok Makan

Harapan Bunda Semarang - Jangan sembarang menggunakan sendok saat memberi anak obat sirup. Ukuran sendok tak selalu sama di berbagai tempat, Ma. Dan hal ini dapat menyebabkan kesalahan dalam akurasi dosis obat. Demikian menurut hasil penelitian yang dipublikasikan The International Journal of Clinical Practice.

Menurut Matthew E. Falagas, direktur dan profesor Alfa Institute of Biomedical Science di Athena, Yunani, perbedaan ukuran sendok itu paling sering menyebabkan masalah kelebihan dosis dalam pemberian obat. Bila terjadi dalam jangka panjang, minum obat dengan takaran yang tidak tepat bisa merugikan tubuh, di antaranya keracunan, gangguan ginjal, atau membuat bakteri bermutasi sehingga kebal terhadap obat.

Yang paling aman, gunakanlah sendok takar obat yang biasa disertakan dalam kemasan obat. Satu sendok takar obat ini setara dengan lima mililiter. Jika Anda tak bisa menemukan sendok takar obat di dalam
kemasan obat, Anda bisa menggunakan alat ukur lain, misalnya alat ukur jenis suntik, agar dosis obat bisa lebih akurat.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar