Agar Anak Lahap Makan Buah

Harapan Bunda Semarang - Untuk menjaga kesehatannya, anak pun perlu mengonsumsi 3-5 porsi buah yang berbeda setiap hari, Ma. Buah memang banyak sekali mengandung nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin dan mineral, antioksidan, serat, zat gizi, dan cairan. Dengan makan buah, kebutuhan nutrisi dalam tubuh langsung terlengkapi. Tetapi, karena kandungan nutrisinya dalam jumlah yang kecil, kita perlu mengonsumsinya secara teratur. Sayang, masih banyak keluarga di Indonesia yang asupan buahnya di bawah jumlah yang dianjurkan tersebut.

Padahal, satu porsi buah tidak banyak, lho. Kalau buah sedang, seperti apel dan pir, satu porsi sama dengan satu buah. Untuk buah kecil, seperti anggur dan kelengkeng, seporsi kira-kira 10 butir. Sedangkan buah besar, misalnya melon dan semangka, satu potong sudah terhitung satu porsi.
  1.  Selalu sediakan satu mangkuk buah potong di atas meja makan atau di dalam lemari es.
  2.  Potong-potong buah pada pagi hari dan simpan dalam lemari es untuk dimakan siang atau malam hari. Agar tidak mengurangi kandungan gizinya, beri sedikit tetesan air jeruk nipis, lalu segera tutup dengan plastik, atau simpan dalam wadah tertutup, untuk menghindari kontak buah dengan udara terlalu banyak. Pilih buah yang kadar airnya tidak banyak, seperti nanas, melon dan nangka.
  3. Belilah buah saat musimnya, sehingga Anda bisa membelinya dengan harga yang relatif lebih murah.
  4. Tambahkan celupan sehat. Cobalah yogurt rendah lemak sebagai celupan potongan stroberi atau melon.
  5. Padukan susu atau yogurt dengan buah dalam smothie. Buah yang enak untuk dijadikan smoothie, antara lain pisang, stroberi atau kiwi.
  6. Buat salad buah segar dengan mencampur apel, pir, pisang dengan buah-buahan yang memiliki rasa asam, seperti jeruk, nanas atau jus lemon, untuk menghindari perubahan warna menjadi cokelat pada buah yang sudah dipotong.
  7. Jadikan saus buah. Apel, stroberi atau nanas bisa diolah menjadi puree yang lembut untuk saus atau olesan kue.
  8.  Sebagai alternatif, belilah buah dalam bentuk buah kering, seperti kismis, kurma dan prune.
  9. Jus buah sesaat sebelum dikonsumsi agar tidak terlalu lama terpapar udara, yang bisa mengakibatkan struktur kimia buah berubah. Contohnya, jus apel atau jus pir yang didiamkan lama, warnanya akan menjadi kecokelatan, akibat proses browning.
Sumber : parenting.co.id

Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar